Advertisement

Ini Menu Favorit Jokowi saat Santap Kuliner Ayam Goreng Mbah Karto

Indah Septiyaning Wardhani
Minggu, 28 Juli 2019 - 16:57 WIB
Sunartono
Ini Menu Favorit Jokowi saat Santap Kuliner Ayam Goreng Mbah Karto Jokowi bersama cucunya, Jan Ethes, di Ayam Goreng Mbah Karto Sukoharjo, Minggu (28/7/2019). (Indah Septiyaning W. - Solopos)

Advertisement

Harianjogja.com, SUKOHARJO - Momen liburan dimanfaatkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk berwisata kuliner bersama keluarga. Salah satunya ke Ayam Goreng Mbah Karto di Sukoharjo.

Jokowi menyantap menu ayam goreng favoritnya didampingi Ibu Negara, Iriana Joko Widodo, serta anak dan cucu pada Minggu (28/7/2019). Jokowi mengenakan kemeja warga putih tiba di rumah makan Mbah Karto di pukul 11.20 WIB. Jokowi tiba dengan mengunakan mobil Toyota Alpard warna hitam bersama Iriana, sang putra Gibran Rakabuming Raka dan istri Selfi Ananda serta cucunya Jan Ethes. 

Advertisement

Tiba di Ayam Goreng Mbah Karto, Jokowi dan rombongan menyapa warga yang juga tengah makan di sana. Warga yang mengetahui kedatangan orang nomor satu di Indonesia inipun mengabadikan melalui kamera handphone (hp). 

Mantan Wali Kota Solo itu bersama keluarganya makan dalam satu meja makan. Mereka menikmati makanan ayam goreng Mbah Karto yang memang menjadi langganan keluarga Presiden. Dalam kesempatan itu, para wartawan yang meliput juga diajak makan bersama. Jokowi bersama Jan Ethes sempat menyambangi meja makan wartawan dan membuka obrolan santai. 

"Ini berapa wartawan yang datang," katanya Jokowi.

"Ada sekitar 20 wartawan pak?" Jawab wartawan.

Jokowi pun menyampaikan hanya jalan-jalan dan makan di Ayam Mbah Karto selama liburan di Kota Solo. Sebelumnya pada Sabtu (27/7/2019) malam, Jokowi bersama keluarga jalan-jalan di Solo Paragon Mal. 

Seusai menikmati ayam goreng Mbah Karto, Jokowi dan rombongan meninggalkan lokasi pukul 12.15 WIB.

Anak sekaligus penerus ayam goreng Mbah Karto, Sukoharjo, Sri Sukarni, mengatakan Jokowi dan keluarga sudah menjadi langganannya sejak sebelum menjabat sebagai Wali Kota Solo. "Kesukaan pak Jokowi itu sambel blondonya. Jadi kalau ke sini makan ayam goreng dengan sambal blondonya," katanya. 

Rumah makan yang tersohor dengan ayam kampung dan aneka sambalnya ini berdiri sejak 1960-an. Kini Rumah Makan Ayam Goreng Mbah Karto dikelola oleh generasi kedua. Menu dan racikan yang dihidangkan masih sama generasi awalnya, dan amat dijaga. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Solopos

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Bus Damri dari Jogja-Bandara YIA, Bantul, Sleman dan Sekitarnya

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 04:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement