Misteri Pembunuhan Mahasiswa Jogja Asal Timor Leste Mulai Terkuak, Satu Tersangka Ditangkap

Ilustrasi mayat - Ist/Okezone
27 Juli 2019 16:37 WIB Yogi Anugrah News Share :

Harianjogja.com, SLEMAN- Direktorat Reserse dan Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda DIY menangkap satu orang pelaku berisinisial MTN alias DM yang diduga terlibat pembunuhan terhadap Joao Bosco Baptista, 21, mahasiswa DIY asal Timor Leste yang ditemukan tewas beberapa hari lalu di wilayah Magetan.

Direskrimum Polda DIY Kombes Pol Hadi Utomo mengatakan MTN ditangkap beberapa hari lalu di tempat persembunyiannya di wilayah Madiun, Jawa Timur.

“Pelaku ini warga Timor Leste, merupakan teman satu kelompok [Bosco]. Dia pengangguran, sedang mencari kerja di Jogja. Dia diduga sebagai salah satu pelaku dalam dugaan tindak pidana pembunuhan terhadap saudara Bosco,” kata Hadi di Mapolda DIY, Jumat (26/7/2019).

Lebih lanjut, Hadi menjelaskan MTN diduga berperan sebagai orang yang membawa mayat korban untuk dibuang ke lereng jurang Cemorosewu, Desa Ngancar, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan.

“Dia yang menyopiri dan menaikkan ke dalam mobil, mobil yang digunakan merupakan mobil rental,” kata Hadi.

Hadi mengatakan, ada tiga TKP dalam peristiwa tewasnya mahasiswa asal Timor Leste tersebut, TKP pertama adalah lokasi korban dijemput oleh pelaku. TKP kedua, adalah lokasi korban mengalami penganiayaan di wilayah Banguntapan, Bantul, dan TKP ketiga adalah tempat korban ditemukan dalam keadaan sudah tak bernyawa.

“Untuk motif, belum bisa kami sampaikan karena baru satu orang tersangka yang ditangkap,” ujar Hadi.

Hadi mengatakan, pihaknya masih melakukan penyidikan untuk memburu beberapa tersangka lainnya yang sedang dalam pengejaran. Dugannya, kata dia, para tersangka lainnya kembali ke negara asalnya yakni Timor Leste.

“Ada kemungkinan tersangka kembali ke Timor Leste. Ini tentu memerlukan waktu. Diperlukan koordinasi dan ketajaman alat bukti serta prosedur bagaimana menangkap tersangka yang diluar negeri,” kata Hadi.

Diberitakan sebelumnya, seorang mahasiswa asal Timor Leste yang berkuliah di Jogja bernama Joao Bosco Baptista, 21, ditemukan dalam kondisi meninggal dunia di Magetan, Jawa Timur, beberapa waktu lalu. Diketahui, korban dilaporkan hilang ke Polda DIY sejak awal Juli.

Dokter Forensik RS Bhayangkara Polda DIY, Kompol Dr D Aji Kadarmo mengatakan, jasad korban yang ditemukan dalam kondisi yang tidak fresh dan sudah membusuk, dengan ada beberapa jaringan dari badan sampai kepala yang hilang. Dari hasil identifikasi Tim Inafis, DVI dan Labfor Kriminal Semarang, kata dia, korban diduga tewas antara tanggal 2 Juli-7 Juli.