Advertisement

Setelah Proses Panjang, Wiranto Berharap Selesaikan Pembahasan Batas Negara Bersama Xanana

Newswire
Kamis, 18 Juli 2019 - 20:17 WIB
Nina Atmasari
Setelah Proses Panjang, Wiranto Berharap Selesaikan Pembahasan Batas Negara Bersama Xanana Menlu Retno Marsudi (kiri) berjabat tangan dengan Menkopolhukam Wiranto (kanan) usai membahas terkait perbatasan Indonesia dan Timor Leste di Kantor Kemenpolhukam Jakarta, Kamis (18/7/2019). - ANTARA/FAUZI LAMBOKA

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA- Pertemuan membahas batas negara akan dilakukan oleh Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto dan Menteri Perencanaan dan Investasi Strategis Republik Demokratik Timor Leste Xanana Gusmao.

Keduanya akan bertemu untuk menyelesaikan pembahasan perbatasan Indonesia dan Timor Leste.

Advertisement

"Kunjungan Xanana Gusmao pada Senin (22/7/2019)," kata Wiranto, di Kantor Kemenpolhukam, di Jakarta, Kamis.

Wiranto menjelaskan pertemuan itu nantinya turut diikuti Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi yang akan menyelesaikan pembahasan terkait Senior Official Consultation (SOC).

SOC merupakan kesepakatan pertemuan antara Menkopolhukam Wiranto dan Menlu Retno Marsudi bersama Xanana Gusmao di Jakarta tahun 2017 lalu. SOC bertugas untuk membahas secara teknis penyelesaian sengketa batas negara.

"Pertemuan saya dengan Xanana lebih tepat disebut pertemuan untuk keputusan politis. Untuk mengukuhkan hasil SOC ke 5 di Bali," ujar Wiranto.

Wiranto mengatakan saat ini telah ada kemajuan untuk penyelesaian perbatasan tersebut. Dengan penyelesaian dua titik daratan itu, kata Wiranto, pihaknya akan terus bergerak untuk memosisikan batas lautan.

"Saya bertemu dengan beliau sudah beberapa kali. Tapi saya harapkan pertemuan di tanggal 22 ini merupakan bagian dari finalisasi titik akhir yang cukup panjang," kata Wiranto.

Dua perbatasan antara Indonesia dengan Timor Leste yakni Noel Besi-Citrana dan Bidjael Sunan-Oben.

Perbatasan Noel Besi-Citrana merupakan wilayah yang berada di Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur yang berbatasan langsung dengan Oecusse-Ambeno, bagian dari wilayah Timor Leste.

Sedangkan Bidjael Sunan-Oben merupakan wilayah yang berada di Manusasi, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Prediksi Cuaca Jogja dan Sekitarnya Kamis 25 April 2024: Hujan Lebat Sleman dan Gunungkidul

Jogja
| Kamis, 25 April 2024, 05:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement