Advertisement

PAN Tak Dapat Kursi DPR dari Jateng, Amien Rais Tuduh Ada Kecurangan Tersistematis

Newswire
Minggu, 14 Juli 2019 - 06:27 WIB
Bhekti Suryani
PAN Tak Dapat Kursi DPR dari Jateng, Amien Rais Tuduh Ada Kecurangan Tersistematis Amien Rais. - Antara/Sigid Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, SEMARANG- Politikus senior PAN Amien Rais menuding ada kecurangan dalam pemilu legislatif di Semarang, Jawa Tengah.

Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN), Amien Rais menuding ada kecurangan yang terstruktur, sistematis, dan masif (TSM) dalam pemilihan anggota legislatif (pileg) 2019 lalu sehingga PAN Jawa Tengah gagal memperoleh satu pun kursi di DPR RI.

Advertisement

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI baru-baru ini telah mengesahkan rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat nasional Pemilu Legislatif (Pileg) di provinsi Jawa Tengah (Jateng). Sebanyak 1.046 calon anggota legislatif atau caleg DPR RI bertarung memperebutkan 77 kursi yang tersedia.

Dari 77 kursi tersebut tidak ada satu kursi pun yang direbut oleh Partai Amanat Nasional (PAN). Padahal pada pemilu sebelumnya PAN memperoleh 8 kursi di DPR-RI.

Kegagalan PAN itu membuat Amien Rais kembali menuding bahwa penyelenggaraan pileg penuh kecurangan TSM.

"Perolehan pileg bagi PAN Yang paling mengecewakan Karena paling jeblok itu di Jawa Tengah. Jadi 8 kursi DPR RI yang di miliki oleh PAN Jawa Tengah itu amblas jadi kosong nol," katanya saat kepada awak media setelah pertemuan internal dengan DPW PAN Jateng Sabtu (13/7/2019)

"Kami merasa ada kecurangan TSM yang disengaja. Tapi itu pandangan kami. Tapi kalau dikatakan tidak ada kecurangan ya sudah tidak apa-apa," tambahnya

Lantaran itu diakui Amien pertempuran memperebutkan tiket menuju ke Senayan di Dapil Jateng lebih berat daripada dapil lainnya.

"Jadi Jawa Tengah ini pertempurannya sangat berat. Sementara di DKI itu (dulu) tidak ada wakilnya dapat dua, kemudian Medan yang dulu satu dapat 3, Sumatera Barat satu jadi dua," tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Suara.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal KRL Solo-Jogja, Berangkat dari Palur Rabu 24 April 2024

Jogja
| Rabu, 24 April 2024, 01:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement