Advertisement

Pembahasan Formasi Kabinet Final, Jokowi Sebut Akan Segera Umumkan Secepatnya

Amanda Kusumawardhani
Jum'at, 12 Juli 2019 - 17:07 WIB
Sunartono
Pembahasan Formasi Kabinet Final, Jokowi Sebut Akan Segera Umumkan Secepatnya Presiden Joko Widodo (kedua kiri) memimpin rapat terbatas tentang percepatan pembangunan Jawa Tengah, di Istana Bogor, Jawa Barat, Selasa (9/7/2019). - ANTARA/Puspa Perwitasari

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo atau Jokowi memberi sinyal bahwa pembahasan formasi kabinet mendatang sudah selesai dibicarakan.

“Sudah. Sudah [komposisi kabinet]. [Blue print kabinet] sudah. Secepatnya [diumumkan],” katanya singkat seusai meninjau Pameran Karya Kreatif Indonesia (KKI) di Jakarta Convention Center, Jumat (12/7/2019).

Advertisement

Ketika ditanya mengenai persentase menteri yang berasal dari profesional dengan partai politik, Jokowi mengungkapkan komposisinya diusahakan seimbang yakni 60 persen:40 persen atau 50 persen:50 persen.

Jokowi pun mengisyaratkan bahwa menteri-menteri di Kabinet Kerja saat ini juga bakal mengisi posisi menteri pada kabinet mendatang. Tak hanya itu, dia menegaskan formasi kabinetnya mendatang bakal diwarnai dengan anak muda.

“Saya minta dari partai juga ada yang muda. Ada dari profesional juga. Kalau tak ada dari partai ya kita cari sendiri. Profesional muda kan sekarang banyak banget,” ujar Jokowi.

Terkait dengan banyaknya partai politik yang meminta jatah menteri, Jokowi menyatakan tidak akan mempersoalkan hal itu. Tetapi, dia menekankan keputusan terakhir berada di tangannya.

“Ya gak pa pa mau minta 10, mau minta 11, mau minta 9. Kan ga pa pa wong minta saja,” tambahnya.

Hingga berita ini ditulis, sejumlah partai politik mulai ketua partai dan pengurus partai seperti Partai Golkar, Partai Kebangkitan Bangsa Partai Nasdem, dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) bergantian menyambangi Jokowi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Bus Damri dari Jogja-Bandara YIA, Bantul, Sleman dan Sekitarnya

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 04:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement