Advertisement

Jalur Kereta Jogja-Borobudur Penting Dihidupkan Lagi, Ini Pertimbangannya

Kusnul Isti Qomah
Rabu, 03 Juli 2019 - 20:37 WIB
Budi Cahyana
Jalur Kereta Jogja-Borobudur Penting Dihidupkan Lagi, Ini Pertimbangannya Wisatawan Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah. - Harian Jogja/Nina Atmasari

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan masih menggelar studi dan perkiraan dana yang dibutuhkan menghidupkan kembali jalur kereta api Jogja-Borobudur.

Direktur Umum PT KAI Edi Sukmoro  reaktivasi jalur kereta api yang menghubungkan Jogja-Borobudur sangat penting karena bisa mengakomodasi kebutuhan masyarakat akan angkutan massal.

Advertisement

Menurut dia, keberadaan angkutan massal sangat dibutuhkan terutama bagi penumpang yang suka commute atau pergi pulang dalam waktu satu hari.

“Reaktivasi jalur ini, kalau bagi saya sangat penting. Karena pada akhirnya, angkutan massal dibutuhkan terutama yang suka pulang pergi. Misalnya yang kerja di Jogja, tetapi rumahnya di Magelang. Sama seperti Solo-Jogja, ada yang kerja di Jogja, tetapi tinggal di Solo sehingga bolak-balik tiap hari,” ujar dia, Selasa (2/7/2019).

Saat ini rencana reaktivasi jalur KA Jogja-Borobudur masih dalam kajian Dirjen Perkeretaapian. Jalur ini dinilai sangat vital dan akan banyak manfaatnya jika reaktivasi terlaksana.

“Namun, perlu diingat kalau ikuti trase lama, sudah berdiri bangunan sehingga harus dipikirkan solusinya bagaimana. Kalau nanti bisa diaktivasi akan bisa mengangkut orang yang ingin bepergian melalui jalur Jogja-Borobudur,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Siap-siap Lur, Pemkab Kulonprogo Buka 90 Formasi CPNS dan PPPK untuk 205 Posisi, Berikut Rinciannya

Kulonprogo
| Jum'at, 19 April 2024, 13:57 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement