Advertisement

Jadi Salah Satu Kandidat, Puan Tegaskan Kursi Ketua DPR Diputuskan Ketum PDIP

Newswire
Selasa, 25 Juni 2019 - 13:02 WIB
Sunartono
Jadi Salah Satu Kandidat, Puan Tegaskan Kursi Ketua DPR Diputuskan Ketum PDIP Puan Maharani. (JIBI - Nicolous Irawan)

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA--Ketua DPP PDI Perjuangan (non-aktif), Puan Maharani, mengatakan, posisi ketua DPR periode 2019-2024 akan diputuskan Ketua Umum DPP PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri, meski dia menjadi salah satu kandidat terkuat.

"Alhamdulillah saya bisa mendapat suara terbanyak nasional jadi ya mungkin bisa juga dikatakan menjadi salah satu calon yang kuat, baru salah satu yang kuat," kata Puan, sebelum mengikuti rapat kerja dengan Badan Anggaran DPR, di kompleks Parlemen Senayan di Jakarta, Selasa (25/6/2019).

Advertisement

Sebagai salah satu calon terkuat, Puan menyadari bisa saja terjadi tarik-menarik di antara sesama kader partai. Namun, hal itu merupakan dinamika yang biasa terjadi dalam partai politik. "Politik itu dinamis kemudian sama-sama kader akan terjadi dinamika ya itu pastinya namanya politik dinamis," ucapnya.

Meski begitu, lanjut dia, siapa yang akan diputuskan menjadi ketua DPR kepada para kandidat tidak akan membuat partai berlambang banteng moncong putih itu goyah. "Tapi dinamika itu tidak akan membuat kami tidak menjadi solid. PDI Perjuangan solid dari atas sampai bawah," katanya sembari menambahkan calon ysng menduduki ketua DPR akan diputuskan September.

Berdasarkan UU Nomor 2/2018 tentang MD3, kursi ketua DPR diberikan kepada partai politik dengan raihan suara terbanyak. Komisi Pemilihan Umum sebelumnya menetapkan PDI Perjuangan memperoleh suara terbanyak yakni 19,3% atau 27.053.961 suara pada Pileg 2019.

Puan yang saat ini menjabat menteri koordinator bidang pembangunan manusia dan kebudayaan memperoleh suara terbanyak Pemilu Legislatif 2019. Ia dipastikan lolos ke Senayan setelah mengantongi suara terbanyak yakni 404.304 suara dari daerah pemilihan Jawa Tengah V meliputi Surakarta, Sukoharjo, Klaten, dan Boyolali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Ini Rekayasa Lalu Lintas yang Disiapkan Polres Bantul Untuk Atasi Kemacetan saat Libur Lebaran

Bantul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 19:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement