Ini Kunci Kemenangan PSIM Jogja di Kandang Persiba Balikpapan

instagram : PSIMJogja_official
23 Juni 2019 03:47 WIB Jumali News Share :

Harianjogja.com, BALIKPAPAN - PSIM Jogja sukses meraih tiga poin perdananya di kompetisi Liga 2 2019 wilayah timur setelah menekuk tuan rumah Persiba Balikpapan dengan skor 1-0, di Stadion Batakan, Balikpapan, Sabtu (22/6/2019) malam.

Adalah mantan pemain Persiba Balikpapan, Rosi Noprihanis yang mencatatkan namanya di papan skor setelah menjebol gawang tim Beruang Madu pada menit ke-11.

Rosi yang berdiri bebas berhasil meneruskan bola ke gawang Persiba usai menerima bola sundulan dari sang kapten Cristian Gonzales.

Atas hasil ini PSIM Jogja sementara berada di peringkat ketiga klasemen sementara wilayah timur dengan 3 poin dari sekali main. PSIM Jogja berada di bawah Persiwar Waropen yang menang 2-0 dari tuan rumah Persatu Tuban. Sedangkan pemuncak klasemen wilayah timur dihuni oleh Persik Kediri yang menang 4-0 atas PSBS Biak.

Selain berada di peringkat ketiga, kemenangan PSIM Jogja atas Persiba kali ini sekaligus memperpanjang rekor menang atas tim Beruang Madu.Sebelumnya di kompetisi Liga 2 2018, PSIM Jogja mampu menang 2-1 di kandang Persiba dan menang 2-1 dari Persiba di Stadion Sultan Agung Bantul.

Pelatih PSIM Jogja Vladimir Vujovic mengatakan, kemenangan ini tidak lepas dari semangat dan kerja keras dari para pemainnya. Oleh karena itu, mereka layak untuk mendapatkan hasil kemenangan pada laga kali ini.

"Kami sudah memantau pertandingan Persiba jauh-jauh hari. Anak-anak sudah bermain dengan fighting spirit yang luar biasa," katanya.

Sementara pemain PSIM Jogja, Rosi Noprihanis mengatakan, kunci dari kemenangan kali ini tidak lepas dari kerja keras dan menjalankan semua
intruksi dari pelatih. Satu gol yang dicetaknya, lanjut Rosi tidak lepas dari bentuk profesionalismenya, karena telah bergabung dengan PSIM Jogja.

"Kemarin saya memang di Balikpapan, tapi itu kemarin. Sekarang 100 persen saya berikan kepada klub terbaru saya [PSIM Jogja] dan saya nggak akan mikir yang lainnya," ucap Rosi.

Sementara Manajer PSIM Jogja Effendi Syahputra mengaku bersyukur atas raihan tiga poin yang didapatkan timnya di kandang Persiba Balikpapan
kali ini. Ia menyatakan, berterimakasih atas dukungan luar biasa dari semua pihak.

"Kami persembahkan kemenangan ini untuk seluruh pendukung PSIM Jogja, Amin," katanya.

Tampil di Stadion Balikpapan, Pelatih PSIM Jogja Vladimir Vujovic mempercayakan Aditya Putra Dewa dan Agung Pribadi sebagai full back yang menopang duet Herry Susilo dan Fandy Edy sebagai stopper.

Sedangkan di lini tengah diisi Ahmad Hisyam Tolle, Hendika Arga Permana dan Raphael Maitimo. Sedangkan sektor sayap diisi oleh Rosi Noprihanis dan Ichsan Pratama yang menopang striker tunggal Cristian Gonzales.

Sejak awal babak pertama, PSIM Jogja langsung ditekan oleh tim tuan rumah Persiba Balikpapan. Persiba membuka peluang melalui Benny Oktovianto di menit ke-4, namun mampu diredam oleh Aditya Putra Dewa.

Sebaliknya PSIM Jogja mulai mampu keluar dari tekanan pada menit ke-6. Peluang pertama pun didapatkan PSIM Jogja melalui Hendika Arga
Permana. Pemain bernomor punggung 8 ini mendapatkan peluang pada menit ke-9, namun masih melambung dari gawang kiper Persiba Balikpapan.

PSIM baru mampu mengubah kedudukan menjadi 0-1 melalui Rosi Noprihanis di menit ke-11. Rosi yang berdiri bebas berhasil meneruskan bola ke
gawang Persiba usai menerima bola sundulan dari El Loco. Skor 0-1 untuk PSIM Jogja.

Tertinggal donasi gol 0-1 membuat Persiba tampil menekan. Menit ke-15, tendangan Beni Oktovianto berhasil ditepis oleh I Putu Pager. Begitu
juga dengan serangan dari Beny Ashar yang masih mampu diredam lini belakang PSIM Jogja.

Sebaliknya, PSIM Jogja masih terus berusaha menambah keunggulan. Namun peluang manis di menit ke-40 melalui sundulan Cristian Gonzales meneruskan tendangan bebas Aditya Putra Dewa masih melebar dari gawang Persiba Balikpapan.

Hingga 2 menit tambahan waktu di babak pertama selesai, skor tetap 1-0 untuk keunggulan Laskar Mataram.

Masuk babak kedua, PSIM Jogja kembali langsung tampil menekan. Peluang manis didapatkan oleh Rosi Noprihanis di menit ke-50. Sayang tendangan
dari Rosi masih mampu ditepis oleh kiper Persiba Balikpapan. Begitu juga dengan peluang melalui sundulan Raphael Maitimo di menit ke-53 yang mampu ditepis oleh Tedi Heri Setiawan.

Perubahan strategi dilakukan oleh PSIM Jogja, memasuki menit ke-59, Raymond Tauntu masuk menggantikan Rossi Noprihanis dan di menit ke-66,
Raphael Maitimo keluar, digantikan Rudiyana. Sedangkan Hendika Arga ditarik dan dimasukkan Hendri Satriadi di menit ke-77.

Sejumlah peluang pun kembali didapatkan oleh PSIM Jogja. Peluang manis melalui sundulan Cristian Gonzales di menit ke-84 masih melebar, begitu juga dengan tendangan dari Rudiyana di menit ke-88 yang masih mampu ditepis oleh pemain belakang Persiba Balikpapan. Sementara tendangan bebas dari Aditya Putra Dewa di menit ke-90 masih mampu ditepis oleh kiper Persiba. Hingga peluit akhir babak kedua selesai, skor tetap 1-0 untuk keunggulan PSIM Jogja.