Advertisement

Jelang Sidang PHPU, Ini Cara Hakim MK Tunjukkan Independensi dan Imparsialitasnya

Newswire
Jum'at, 14 Juni 2019 - 03:47 WIB
Nina Atmasari
Jelang Sidang PHPU, Ini Cara Hakim MK Tunjukkan Independensi dan Imparsialitasnya Gedung Mahkamah Konstitusi (MK). - Suara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Jelang sidang perdana Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) 2019 yang akan digelar Jumat (14/6/2019), Hakim Mahkamah Konstitusi (MK) I Dewa Gede Palguna meminta kepada semua pihak untuk tak meragukan independensi dan imparsialitas lembaganya.

Menurut dia, sikap independensi seorang hakim harus selalu dijunjung tinggi saat menangani setiap perkara. Apabila, sikap itu hilang di dalam jiwa pengadil, maka marwah peradilan ikut lenyap juga.

Advertisement

"Kami harus mengatakan berkali-kali, jangan meragukan independensi dan imparsialitas kami, karena itu adalah harga yang tidak bisa ditawar-tawar," kata Dewa Gede Palguna di Gedung MK, Jakarta Pusat, Kamis (13/6/2019).

Dia tak mempermasalahkan adanya isu liar yang diembuskan pihak tertentu bahwa MK tak bisa dipercaya ketika mengadili sengketa Pilpres 2019. Penilaian masyarakat terhadap MK memang bermacam-macam.ruang MK

"Kita kan negara merdeka, negara bebas, orang boleh membuat analisis ini itu separuh taat pada aturan," ujarnya.

Untuk melawan prasangka-prasangka negatif itu, kata dia, MK membuka proses persidangan secara transparan ke publik, sehingga masyarakat bisa menilai sendiri bagaimana MK memutuskan perkara.

"Sekarang ditambah dengan keterbukaan dalam proses persidangan. Di situlah akan tampak akuntabilitas dari peradilan," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Okezone.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Bawaslu Bantul Buka Pendaftaran Panwascam Pilkada 2024

Bantul
| Rabu, 24 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement