Advertisement

Mantan Bintang Sepak Bola Suriah Tewas Terkena Serangan Pasukan Pemerintah

Rahmad Fauzan
Minggu, 09 Juni 2019 - 13:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Mantan Bintang Sepak Bola Suriah Tewas Terkena Serangan Pasukan Pemerintah Presiden Suriah Bashar al-Assad - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA--Serangan yang dilancarkan pasukan pemerintah di wilayah barat laut Suriah, Sabtu (8/6/2019) mengakibatkan bintang sepak bola Suriah tewas.
 
Mengutip Reuters, Sabtu (8/6/2019), mantan pesepakbola berusia 27 tahun bernama Abdelbasset Sarout tersebut sebelumnya berposisi sebagai penjaga gawang dari kota Homs. Ia memperoleh ketenaran barunya sebagai petempur ketika pemberontakan terhadap Bashar al-Assad meletus pada 2011 silam.
 
Dia juga dijuluki sebagai penyanyi revolusi karena kerap menyanyikan lagu-lagu dalam aksi unjuk rasa yang memuji-muji pemrotes yang terbunuh, juga dalam protes untuk memburuk-burukkan presiden.
 
Setelah sejumlah tindakan keras pemerintah dalam aksi protes, Sarout mengangkat senjata melawan negara,  yang memperlihatkan bagaimana aksi protes telah berevolusi menjadi perjuangan bersenjata.
 
Sarout, yang notabene merupakan komandan kelompok pemberontak Jaish al-Izza, tewas dua hari setelah bertahan melawan cedera dalam pertarungan yang berlangsung di Hama Utara.
 
"Siapapun yang berpikir Sarout tewas berarti sedang berilusi, karena kami akan melanjutkan perjuangan Sarout," ujar salah satu pejabat senior Jaish al-Izza bernama al-Saleh.
 
Pertempuran itu sendiri berpusat di wilayah barat laut Suriah pada Jumat (7/6) setelah pemberontak melancarkan serangan untuk mengusir pasukan pemerintah yang beberapa waktu sebelumnya telah mengalahkan kelompok pemberontak terbesar terakhir dalam pertarungan yang berlangsung selama berminggu-minggu.
 
Presiden Assad pun mengontrol kembali sebagian wilayah Suriah setelah berhasil menghancurkan benteng pertahanan pasukan pemberontak dengan bantuan Rusia dan Iran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Tunggu Pemberangkatan, Begini Persiapan Ibadah Haji asal Sleman

Sleman
| Kamis, 18 April 2024, 14:57 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement