Advertisement

Kemenhub Sebut Jalan Tol Jadi Penyebab Anjloknya Pemudik Dengan Pesawat

Tim Jelajah Lebaran Jawa-Bali
Jum'at, 07 Juni 2019 - 04:17 WIB
Sunartono
Kemenhub Sebut Jalan Tol Jadi Penyebab Anjloknya Pemudik Dengan Pesawat Sejumlah penumpang pesawat melakukan lapor diri di konter chek in Terminal 1 B Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Minggu (26/5/2019). - ANTARA/Muhammad Iqbal

Advertisement

Bisnis.com, BANYUWANGI -- Kementerian Perhubungan menyebut mahalnya tiket pesawat membuat jumlah pemudik yang menggunakan moda transportasi udara menurun.

Berdasarkan data resmi yang dihimpun dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) pada Kamis (6/6//2019), jumlah penumpang pesawat terbang tercatat 1,72 juta penumpang, turun 27,23% dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang tercatat 2,36 juta penumpang.

Advertisement

Staf Ahli Menteri Perhubungan Bidang Logistik, Multimoda dan Keselamatan Perhubungan Cris Kuntadi menyebut tingginya tarif tiket pesawat bukan menjadi satu-satunya penyebab penurunan jumlah penumpang pesawat.

"Kemungkinan [karena tarif tiket] besar iya , mereka [pemudik] beralih ke jalan raya, terutama kendaraan pribadi karena tersedianya akses tol," ujarnya kepada Bisnis, Kamis (6/6/2019).

Tidak hanya pada penumpang pesawat, lanjut Cris, penurunan jumlah penumpang transportasi umum terjadi hampir di seluruh moda transportasi yakni penyebrangan, dan darat.

Adapun penumpang moda transportasi darat turun 31,88% dibandingkan dengan tahun sebelumnya, disusul dengan penurunan di moda transportasi penyebrangan 6,13%.

Di sisi lain, moda transportasi laut meningkat tipis 0,43% menjadi 521.513 penumpang dibandingkan dengan tahun sebelumnya 519.270 penumpang. "Untuk keluar Jawa, pemanfaatan kapal laut juga sebagai alternatif pesawat," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Ini Rekayasa Lalu Lintas yang Disiapkan Polres Bantul Untuk Atasi Kemacetan saat Libur Lebaran

Bantul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 19:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement