Ingin Mudik, Menteri Kesehatan Imbau Cek Kesehatan Dulu

Ilustrasi cek kesehatan, Senin (13/5/2019) - Harian Jogja/David Kurniawan
29 Mei 2019 04:37 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA--Para pemudik diimbau oleh Menteri Kesehatan untuk mengecek kondisi kesehatan dan cek kendaraan bagi yang mudik menggunakan kendaraan pribadi.

“Kalau bisa sebelum berangkat cek kesehatan, karena itu ada pos kesehatan, ada 6.047 fasilitas kesehatan. Cek tekanan darah, gula darah, periksa stress juga,” kata Menteri Kesehatan, Nila Moeloek saat ngabuburit bareng wartawan di Stasiun Gambir Jakarta, Selasa (28/5/2019).

Menkes menambahkan perencanaan sebelum mudik harus dilakukan H-6 sebelum mudik dengan menjaga kondisi tubuh agar badan terasa fit saat hari keberangkatan.

“Sehat penting, kami (Kemenkes) bersama Kemenhub, Polri, dan sektor lain yang terkait kita menyatu dalam pelaksanaan mudik ini. Yang bawa mobil harus sehat, jangan minim alkohol,” kata Menkes menambahkan

Kemenkes menyediakan 6.047 Fasilitas Pelayanan Kesehatan untuk mudik tahun ini yang terdiri dari 923 Pos Kesehatan, 4.210 Puskesmas, 375 RS sekitar jalur pantura, 144 RS Rujukan, 207 Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), dan 188 Public Safety Center (PSC) 119. Jumlah ini lebih tinggi dari tahun lalu sebesar 3.910.

Pemudik sangat dianjurkan untuk memeriksakan kondisi kesehatan terlebih bila memiliki keluhan penyakit tertentu sebelumnya. Pemudik yang mengidap penyakit harus membawa obat-obatan pribadi yang dibutuhkan selama perjalanan hingga tempat tujuan.

Dia juga mengingatkan agar pemudik yang mengendarai kendaraan sendiri harus beristirahat setiap empat jam perjalanan dan jangan ragu gunakan pos kesehatan untuk mengecek kondisi tubuh di area peristirahatan yang sudah disediakan.