Berintelektual Mumpuni tetapi Bohong, Ratna Sarumpaet Dituntut 6 Tahun

Ratna Sarumpaet - Antara/Muhammad Iqbal
28 Mei 2019 21:37 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA—Ratna Sarumpaet, terdakwa penyebaran hoaks, dituntut enam tahun penjara oleh jaksa penuntut umum dalam persidangan di Pengadilan Jakarta Selatan, Selasa (28/5/2019).

Menurut jaksa, terdapat beberapa faktor yang memberatkan tuntutan terhadap Ratna, salah satunya kapasitas intelektual seniman cum aktivis tersebut. Koordinator Jaksa Penuntut Umum Daroe Tri Sadono mengatakan Ratna adalah figur publik, intelektual, tetapi masih berbohong.

“Hal yang memberatkan terdakwa: berusia lanjut, berintelektual mempuni serta figur publik, namun tidak berperilaku baik,” ujar Daroe.

Selain itu, ada beberapa faktor lainnya seperti kebohongan yang berujung keonaran. Tanggapan Ratna saat diperiksa dipersidangan yang dianggap Daroe berbelit-belit juga memberatkan tuntutan.

“Perbuatan terdakwa membuat keresahaan dan kegaduhan di masyarakat, terdakwa berbelit-belit dalam memberikan keterangan di persidangan, terdakwa pernah dihukum,” kata Daroe.

Meskipun begitu, menurut Daroe ada juga faktor yang meringankan tuntutan kepada Ibunda Atiqah Hasiholan itu. Salah satunya, sudah meminta maaf karena sudah menyebar hoaks.

“Hal meringankan terdakwa telah meminta maaf.”

Sumber : Suara.com