Pertama Kali Nyaleg, Perolehan Suara Pemuda Ini Mengejutkan…

Indaruwanto (tengah) saat melakukan kegiatan bersama masyarakat di Kota Jogja. - Ist/PAN.
11 Mei 2019 23:47 WIB Sunartono News Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Banyak yang harus menerima kekalahan dalam Pemilu. Tak sedikit petahana yang sebelumnya duduk di kursi parlemen harus tergusur oleh pendatang baru.

Di Kota Jogja misalnya, berdasarkan hasil rekapitulasi suara calon legislatif (caleg), hasilnya 21 kursi kemungkinan besar akan diisi oleh para pendatang baru dari total 40 kursi dewan. Salah satunya caleg asal Partai Amanat Nasional (PAN), Indaruwanto yang bertarung di daerah pemilihan (dapil) 5 Kota Jogja.

Pemuda yang aktif di Barisan Muda Penegak Amanat Nasional (BM-PAN) ini tergolong beruntung. Karena baru pertama kali menjadi kontestan pemilu, namun bisa lolos dengan suara terbanyak. Perolehan suara bahkan terbilang merata di dapilnya. “Untuk totalnya saya mendapatkan 3.819 suara dari dapil 5 itu ada dua kecamatan, 1.922 suara di Kecamatan Kotagede dan 1.897 suara di Kecamatan Umbulharjo,” terangnya, Sabtu (11/5/2019).

Jumlah suara itu termasuk perolehan tertinggi untuk kategori caleg pendatang baru di Kota Jogja. Sedangkan caleg secara umum, perolehan suaranya berada di urutan kedua di bawah caleg petahana dari PDIP Dwi Saryono di Dapil 1 dengan 3.947 suara.

Pemuda yang biasa disapa Ndaru ini mengaku bersyukur dengan capaian tersebut. Apalagi ia tercatat sebagai salah satu yang termuda lolos di DPRD Kota Jogja, selain itu termasuk caleg termuda kedua dari keseluruhan caleg yang bersaing memperebut DPRD Kota Jogja.

“Dan kebetulan ini pengalaman pertama saya ikut pemilu [nyaleg], Alhamdulillah bisa lolos, kami tentu bersyukur,” ucapnya.

Pria kelahiran 23 September 1984 ini menambahkan, hasil itu sejalan dengan jerih payah yang ia lakukan dalam melakukan sosialisasi ke masyarakat. Ke depan pihaknya akan mengemban amanat itu dengan sebaik-sebaiknya dan memperjuangkan aspirasi masyarakat.

Lolosnya Ndaru melaju ke DPRD Kota Jogja ini membuat PAN menambah satu kursi di DPRD Kota Jogja dari periode sebelumnya hanya lima kursi, saat ini menjadi enam kursi.

Sebelumnya Ketua KPU Kota Jogja, Hidayat Widodo, mengatakan rekapitulasi telah selesai dilakukan sesuai target yang telah ditetapkan, yaitu tiga hari. Pada hari pertama, sebanyak 10 kecamatan berhasil direkap.

Hiadayat mengatakan, dari jumlah pemilih mengalami peningkatan. Target partisipasi pemilih Kota Jogja sebesar 77,5%, namun realisasinya mencapai 84,9%. “Ini berkat kerjasama dari penyelenggara, dan pemerintah untuk menyampaikan informasi pemilihan,” katanya.