Imam dari Palestina Datang ke Jakarta Sambut Ramadan

Gubernur DKI Jakarta menyambut para imam dari Palestina - Instagram
05 Mei 2019 20:07 WIB Iim Fathimah Timorria News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menerima kunjungan sejumlah imam dari Palestina. Kedatangan para imam ini merupakan bagian dari agenda Ramadan 1440 Hijiriah.

"Mereka hadir untuk menjadi Imam Salat Tarawih di berbagai masjid di Indonesia. Mereka akan sujud bersama dengan saudara-saudaranya di tanah yang telah merdeka ini," tulis Anies dalam sebuah unggahan di Instagram pada Minggu (5/5/2019).

Anies menyambut langsung kehadiran para imam tersebut di Balai Kota pada Kamis (2/5/2019). Tak hanya bersilahturami dengan para imam Palestina, Anies juga berdialog dengan Profesor Abd al-Fattah el-Awaisi dari Akademi Riset Baitul Maqdis (ISRA) dan perwakilan dari Yayasan Sahabat al-Aqsha.

"Saya katakan bahwa kita [rakyat Indonesia] menyambut mereka bukan saja karena statusnya sebagai Imam dari Al-Aqsha, tapi karena kita semua adalah saudara dekat. Bangsa Indonesia juga pernah merasakan dijajah. Kami tahu rasa sakitnya dijajah," ungkap Anies.

Gubernur DKI juga sempat menyinggung soal pesan Profesor Fatah dalam sambutannya mengenai pentingnya pendidikan untuk perjuangan. Dia mengatakan bahwa perjuangan Indonesia menuju kemerdekaan merupakan hasil dari usaha dengan ilmu dan pendidikan.

"Para perintis kemerdekaan hampir semua adalah pendidik, guru, kaum terdidik yang juga pejuang politik. Perjuangan itu dilakukan di berbagai lini," sambungnya.

Gubernur yang memimpin Jakarta sejak 2017 itu pun menegaskan komitmen Indonesia untuk membantu perjuangan Palestina mencapai kemerdekaan. Negeri Timur Tengah itu memang belum mencicipi kemerdekaan sejak Israel melakukan aneksasi pada 1967.

"Kami akan selalu bersama, siap mendukung perjuangan Palestina sampai kapan pun, sampai Masjidil Aqsha kembali berada di tanah merdeka bagi bangsa Palestina," ujar Anies.

Pada akhir tulisan yang ia unggah, Anies pun berpesan pada para imam Palestina untuk menemui sebanyak mungkin rakyat Indonesia dan meninggalkan jejak kebaikan di bulan suci Ramadan.

"Talieratkan simpul persaudaraan antara bangsa Palestina dan bangsa Indonesia. Semoga merdunya suaramu jadi pemantik doa kolosal utk kemerdekaan bangsamu. Semoga sujudmu di tanah merdeka Nusantara ini membawa keberkahan yang bisa mengantarkanmu untuk membuat tempat sujudmu di Baitul Maqdis jadi tanah yang merdeka bagi bangsa Palestina," tulis Anies.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia