Advertisement

Malangnya Penyu Ini, Bertelur di Landasan Pacu karena Habitatnya Jadi Bandara

Ginanjar Saputra
Selasa, 23 April 2019 - 07:07 WIB
Nina Atmasari
Malangnya Penyu Ini, Bertelur di Landasan Pacu karena Habitatnya Jadi Bandara Penyu bertelur di landasan pacu bandara baru di Pulau Maafaru, Maladewa. (Twitter/naibuthuthu)

Advertisement

Harianjogja.com, MALE — Di media sosial beredar foto seekor kura-kura sedang bertelur di landasan pacu bandara. Foto tersebut ternyata diambil di bandara baru di Pulau Maafaru, Maladewa dan mulai viral setelah dibagikan di akun Twitter @naibuthuthu, 9 April 2019 lalu.

Berdasarkan foto yang beredar, tampak penyu berada di dekat tiga butir telur yang diduga baru saja ia keluarkan. Dikutip dari Maldives Independent, Senin (22/4/2019), lokasi bandara baru itu dulunya memang pantai tempat para penyu bersarang untuk bertelur.

Advertisement

Kini, sarang penyu itu rusak akibat proyek bandara baru. Claire Lomas, seorang dokter yang juga ahli hewan laut, menduga penyu pada foto viral itu terpaksa bertelur di landasan pacu lantaran habitatnya terganggu dengan proyek bandara.

"Sulit bagi saya untuk menjelaskan alasan penyu itu bertelur di sana [landasan pacu]. Tetapi penyu itu memang sangat terganggu [dengan poyek bandara] selama proses bertelur," ucapnya.

Lomas mengakui perkembangan di pantai-pantai Maladewa sedikit atau banyak telah mengganggu populasi penyu. Ia berharap proyek-proyek seperti bandara baru di Pulau Maafaru mampu meminimalisir efek negatif bagi makhluk hidup di sekitarnya, seperti penyu pada foto viral tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Solopos.com

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Tidak Berizin, Satpol PP Jogja Menyegel Empat Reklame Papan Nama Toko

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 15:27 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement