Advertisement

Pemilu 2019: 91 Petugas Meninggal Dunia, 364 Petugas Jatuh Sakit karena Kerja Terlalu Berat

Lalu Rahadian
Senin, 22 April 2019 - 19:27 WIB
Budi Cahyana
Pemilu 2019: 91 Petugas Meninggal Dunia, 364 Petugas Jatuh Sakit karena Kerja Terlalu Berat Pekerja membawa Logistik Pemilu serentak 2019 menggunakan sepeda motor menuju desa Atiran, kecamatan Batang Alai Timur, Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan, Selasa (16/4/2019). - Antara/Bayu Pratama S

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Jumlah petugas yang menjadi korban beratnya pelaksanaan Pemilu 2019 yang berlangsung serentak mencapai 455 orang. Sebanyak 91 petugas meninggal dunia, sedangkan 364 petugas jatuh sakit.

"Sebarannya terjadi di 19 provinsi. KPU sudah membahas secara internal [rencana] santunan yang diberikan kepada penyelenggara," kata Ketua KPU RI Arief Budiman di Kantor KPU RI, Jakarta, Senin (22/4/2019).

Banyaknya petugas yang menjadi korban pada pemilu kali ini diduga karena beratnya kerja mereka. Pada pemilu 2019, beban kerja petugas berbeda dibanding pemilu-pemilu sebelumnya karena pemungutan suara untuk legislatif dan presiden dilakukan serentak.

Penghitungan suara hasil pemilu serentak juga harus diselesaikan maksimal 12 jam setelah hari pemungutan suara. Rata-rata di setiap TPS petugas harus menuntaskan penghitungan lima surat suara berbeda yang digunakan untuk memilih capres, caleg DPR RI, DPD RI, DPRD provinsi dan DPRD kabupaten/kota.

"Prinsipnya KPU meminta kepada pemerintah, negara, untuk hadir terkait kondisi penyelenggara pemilu terutama KPPS yang dalam menjalankan tugas mengalami sakit bahkan ada yang meninggal dunia. Mereka itu pahlawan-pahlawan demokrasi, melayani rakyat secara langsung dan patut untuk mendapat perhatian negara," kata komisioner KPU RI Wahyu Setiawan.

Selain penyelenggara, panitia pengawas pemilu juga banyak yang menjadi korban karena pemilu. Data terbaru Bawaslu RI, ada 26 anggota panwaslu yang meninggal dunia.

Kemudian, sebanyak 74 orang mengalami kecelakaan. Ada pula 137 orang menjalani rawat jalan, 85 petugas harus menjalani rawat inap, dan 15 anggota Panwaslu mengalami kekerasan saat pemilu 2019.

Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Puluhan Kilogram Bahan Baku Petasan Disita Polres Bantul

Bantul
| Kamis, 28 Maret 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement