Advertisement

PDIP: Kampanye Hitam kepada Jokowi Bakal Jadi Senjata Makan Tuan

Newswire
Jum'at, 12 April 2019 - 18:27 WIB
Nina Atmasari
 PDIP: Kampanye Hitam kepada Jokowi Bakal Jadi Senjata Makan Tuan Joko Widodo - Antara/Puspa Perwitasari

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA-- Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menganggap kabar buruk yang disangkakan pada Joko Widodo sebagai serangan kampanye.

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menyatakan optimistis bahwa berbagai serangan kampanye negatif untuk pasangan capres-cawapres 01, Joko Widodo-KH Ma'ruf Amin, akan berbalik arah.

Advertisement

"Berbagai jurus negatif yang dijalankan untuk menyerang Pak Jokowi dan Kiai Ma'ruf Amin, akan berhadapan dengan 'benteng kultural', berupa niat baik, tenggang rasa, cinta damai, dan keharmonisan," kata Hasto Kristiyanto melalui pernyataan tertulisnya, di Jakarta, Jumat (12/4/2019).

Menurut Hasto, karakter bangsa Indonesia itu sejatinya cinta damai dan membangun persaudaraan. "Jadi jangan mengotori peradaban bangsa Indonesia dengan hal-hal hitam yang merusak sistem nilai kemanusiaan kita," katanya.

Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-KH Ma'ruf Amin ini melihat ada berbagai serangan dan kampanye negatif yang ditujukan kepada capres-cawapres 01, Jokowi-Ma'ruf Amin.

Berbagai serangan dan kampanye negatif tersebut, antara lain, adanya ancaman melakukan "people power", informasi hoaks seperti surat suara sebanyak tujuh kontainer yang sudah dicoblos, bocoran penghitungan suara di luar negeri, hoaks server KPU yang sudah didesain untuk kemenangan 01, serta yang terbaru surat suara di luar negeri yang sudah dicoblos.

Semua serangan dan kampanye hitam tersebut, menurut Hasto, adalah satu kesatuan desain untuk mendeligitimasi pelaksanaan pemilu dan penyelenggara pemilu.

"Padahal, KPU dan Bawaslu dipilih secara demokratis oleh DPR dan saat itu Partai Gerindra, PAN, dan PKS, menjadi bagian dari koalisi yang ikut memimpin pemilihan itu," katanya.

Lalu ketika upaya sandiwara pemilu dijalankan, dan informasi hoaks disebarkan untuk menyerang capres Jokowi, menurut Hasto, rakyat Indonesia justru berbalik arah, semakin memperkuat dukungan kepada Jokowi. "Jadi semua jurus hitam yang dipakai malah menjadi senjata makan tuan," katanya.

Menurut Hasto, tim capres-cawapres 02, seharusnya paham, ketika aspek negatif dijalankan, maka hal tersebut akan masuk ke dalam perilaku dan cara bertindak.

Hasto juga melihat, sikap capres 02 yang tampak emosional dan menggebrak meja saat kampanye terbuka, karena terbawa energi negatif. "Hal itu justru menurunkan martabat Pak Prabowo sendiri," katanya.

Demikian juga tim kampanye 02, kata dia, membangun karakter negatif. "Karena itu, mari perangi hoaks. Jurus Trump yang mendeligitmiasi penyelenggara pemilu agar banyak golput, tidak akan berlaku di sini," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Digelontor Danais Rp2,57 Miliar, 4 Kalurahan di Menoreh Ini Bakal Bangun Instalasi Air Bersih

Kulonprogo
| Jum'at, 19 April 2024, 16:47 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement