Beberkan Percakapan, Yusril Disebut Tidak Beretika Baik

Yusril Ihza Mahendra. - JIBI
04 April 2019 18:17 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA--Sikap Ketua Umum PKB Yusril Ihza Mahendra yang membeberkan bukti percakapan WhatsApp dengan Habib Rizieq Shihab bukanlah suatu hal yang elok.

Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Ketua BPN pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Mardani Ali Sera. Menurutnya, percakapan melalui aplikasi Whatsapp itu bersifat sangat privasi.

"Dan yang kedua, bukan merupakan etika yang baik ketika chat personal dibuka ke ruang publik. Chat personal itu mestinya seperti orang di dalam ruang privat tidak boleh dibuka," kata Mardani di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (4/4/2019).

Terlepas dari benar tidaknya bukti percakapan yang dibeberkan oleh Yusril, Mardani menilai tidak patut jika sebuah urusan personal ditarik ke ranah politik. Dia pun merasa heran dengan sikap Yusril yang membeberkan sesuatu yang bersifat pribadi ke masyarakat.

"Jadi kalau Habib Rizieq menyatakan ada yang berbohong, mungkin definisi beliau ya pembicaraan intim kok dibuka ke ruang publik," ujarnya.

Diketahui, Yusril sempat mengunggah bukti percakapannya dengan Rizieq Shihab di akun Instagram @yusrilihzamhd. Percakapan itu berisikan pembahasan Prabowo Subianto di masa pencapresannya dengan pasangan dari kalangan ulama.

Bukti percakapan dirinya dengan Rizieq tampaknya sengaja diunggah Yusril sebagai bentuk bantahannya atas ucapan Rizieq di Front TV pada awal April 2019 yang menyatakan Yusril berbohong. Adapun Yusril dalam video pada November 2014 mengatakan bahwa Rizieq meragukan keislaman Prabowo. Pernyataan itu, kata Yusril, disampaikan sendiri oleh Rizieq kepada dirinya.

Dengan membeberkan bukti percakapan WhatsApp pada September 2018, Yusril kemudian menyindir Rizieq yang sebenarnya berbohong. Karena mengaku di Font TV tidak pernah ada komunikasi dengannya dalam kurun waktu dua tahun terakhir.

"Nyata dalam video itu Habib Rizieq berbohog. Yusril dan Habib tidak pernah komunikasi membahas Prabowo seperti dikatakan Habib Rizieq juga bohong," tulis Yusril di Instagram seperti dikutip Suara.com, Rabu (3/4/2019).

Sumber : suara.com