Jokowi-JK Klaim Selalu Jalan Beriringan

Calon presiden petahana Joko Widodo (tengah) berorasi dalam kampanye terbuka di Lapangan Karebosi, Makasar, Sulawesi Selatan, Minggu (31/3/2019). Jokowi berpesan kepada pendukungnya untuk berbondong-bondong ke TPS menggunakan hak pilihnya pada Pilpres 17 April 2019. - ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
31 Maret 2019 14:57 WIB Amanda Kusumawardhani News Share :

Harianjogja.com, MAKASSAR--Selama hampir lima tahun terakhir, Joko Widodo dan Jusuf Kalla mengaku selalu berjalan beriringan dalam menjalankan tugas sebagai presiden dan wakil presiden. Salah satunya dalam menghadiri Sidang Umum Perserikatan Bangsa Bangsa.

Keharmonisan dirinya dengan JK, dia nyatakan dengan komunikasi yang tak pernah putus ketika mengambil sebuah keputusan yang sulit. Jokowi mengungkapkan bahwa dirinya selalu berdiskusi dengan JK terlebih dulu setiap dirinya mengambil keputusan yang sulit.

"Kalau Pak JK [Jusuf Kalla] ke barat, saya ke timur. Selalu bagi-bagi tugas. Kalau ada pertemuan internasional pun, saya dengan Pak JK selalu berbagi tugas. Untuk misalnya ke markasnya PBB, kantor PBB di AS, Pak JK yang hadir," paparnya ketika menyampaikan orasi kampanye di Lapangan Karebosi, Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (31/3/2019).

Tak hanya Sidang Umum PBB, Jokowi menekankan Indonesia selalu memastikan hadir dalam acara internasional lain, misalnya pertemuan G20 dan Asia Pasific Economic Cooperation (APEC).

"Kadang Pak JK datang, kadang saya datang. Inilah sebuah pembagian tugas yang kami bagi bersama agar setiap hal yang penting bagi negara ini betul-betul terpikirkan dengan baik dan diputuskan dengan sangat hati-hati," lanjut Jokowi.

Sebelumnya, Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Dahnil Anzar, menyampaikan fokus pihaknya untuk mempererat hubungan internasional Indonesia dengan negara-negara lain. Dia menyindir petahana karena tidak pernah menghadiri Sidang Umum PBB selama menjabat sebagai Presiden RI dalam 4,5 tahun terakhir.

"Prabowo berkomitmen untuk hadir ketika diminta addresing speech di sidang umum PBB. Pak Prabowo akan beda dengan Jokowi yang tidak pernah hadir dalam Sidang Umum PBB," ujar Dahnil di Hotel Shangri-La, Jakarta, Sabtu (30/3/2019).

Sumber : bisnis.com