Advertisement

Jawa Paling Banyak Terkena Bencana Selama Tiga Bulan Terakhir

Newswire
Jum'at, 29 Maret 2019 - 20:27 WIB
Sunartono
Jawa Paling Banyak Terkena Bencana Selama Tiga Bulan Terakhir Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam jumpa pers di BPBD DIY, Jogja, Minggu (23/12/2018). - Harian Jogja/Desi Suryanto

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat pulau Jawa paling banyak diterjang bencana selama kurun waktu 1 Januari hingga 28 Maret 2019. Adapun total kejadian bencana yang terjadi selama tiga bulan itu sebanyak 1.107.

"Kalau kita melihat segalanya ya tentu dari Sabang sampai Merauke kejadian bencana begitu banyak dan paling banyak memang terjadi di Jawa," kata Juru Bicara BNPB Sutopo Purwo Nugroho saat jumpa pers di kantornya, Rawamangun, Jakarta Timur, Jumat (29/3/2019).

Advertisement

Pulau Jawa menjadi paling banyak diterjang bencana karena hampir 60% penduduk Indonesia menetap di pulau tersebut, bahkan tinggal di daerah yang masuk zona merah dengan tingkat mitigasi yang sangat minim.

"Makanya begitu terjadi pemicu yaitu curah hujan berintensitas tinggi akhirnya timbullah bencana yang akhirnya memakan korban jiwa," tutur Sutopo.

Berdasarkan data BNPB per 1 Januari hingga 28 Maret 2019, provinsi yang paling banyak diterjang bencana ialah Jawa Tengah dengan 356 kejadian. Kemudian disusul Jawa Timur 204 kejadian, Jawa Barat 173 kejadian, Sulawesi Selatan 59 kejadian, dan Aceh 34 kejadian. "Mereka daerah yang rawan bencana, baik bencana geologi maupun bencana hidrometeorologi," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Okezone.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Soal Pembebasan Lahan untuk IKN dan PSN, AHY: Tidak Boleh Asal Gusur

Sleman
| Kamis, 25 April 2024, 16:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement