Keluarga Besar TNI Diajak Menjaga NKRI

Kegiatan omunikasi Sosial (Komsos) Korem 072/Pmk dengan Keluarga Besar TNI, Rabu (20/3/20190). - Ist/Penrem.
21 Maret 2019 01:57 WIB Sunartono News Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Korem 072/Pmk menggelar kegiatan Penyelenggaraan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan Keluarga Besar TNI Korem 072/Pamungkas Yogyakarta di Monumen Diponegoro, Kota Jogja, Rabu (20/3/2019). Kegiatan ini diikuti Persatuan Purnawirawan Angkatan Darat (PPAD), Pepabri, Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI), Persatuan Istri Veteran Republik Indonesia (PIVERI),  Persatuan Istri Purnawirawan (Perip), Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan dan Putra Putri TNI POLRI (FKPPI).

Danrem 072/Pamungkas Brigjen TNI Muhammad Zamroni dalam sambutan yang dibacakan oleh Kasi teritorial Korem 072/Pamungkas Kolonel Inf Jaelan mengatakan kegiatan itu untuk menjaga keharmonisan antara Korem 072/Pmk dengan Keluarga Besar TNI di wilayah Korem 072/Pmk. Apalagi untuk mempersatukan Bangsa Indonesia agar tetap kokoh dan kuat tersebut, TNI tidak bisa berjalan sendiri tanpa dukungan dari semua pihak termasuk segenap keluarga besar TNI.

“Oleh karena itu melalui forum ini, kami berharap memberi manfaat. Di satu sisi, keluarga besar TNI dapat lebih memahami terhadap berbagai perkembangan yang terjadi di tubuh TNI dan di sisi lain, TNI dapat menyerap masukan  dan  saran  serta  kritik  yang  sangat berharga yang tentunya tersebar sebagai anggota atau pengurus di berbagai organisasi sosial dalam masyarakat,” katanya dalam rilis kepada Harian Jogja, Rabu (20/3/2019).

Ia menambahkan TNI mempunyai keyakinan semakin tersebarnya keluarga besar TNI ke dalam berbagai elemen komponen bangsa, maka besar kesempatan dalam mewarnai kehidupan bermasyarakat, khususnya di wilayah DIY. “Kami ucapkan terima kasih kepada segenap yang  telah berbuat maksimal memberi warna kebangsaan dan semangat juang serta semangat persatuan dan kesatuan bangsa dalam wadah organisasi masing-masing,” ujarnya.

Ketua LVRI  Brigjen TNI (Purn) Sigit Irianto menyampaikan bahwa keluarga besar TNI berkomitmen secara organisasi tetap netral dalam pelaksanaan Pileg dan Pilpres ini. “Selain itu berjuang keras untuk tetap menjaga tegaknya NKRI, karena sumpah prajurit dan sapta marga tetap melekat sampai akhir hayat,” ucapnya.

Ketua Pepabri Mayjen TNI (Purn) Fajar Budianto berharap agar keluarga besar TNI dan prajurit TNI yang masih aktif agar dapat memposisikan diri dengan tugas masing-masing. Bagi Pepabri jangan diragukan kesetiaan kepada NKRI karena tetap berkomitmen untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan NKRI. Pepabri secara kelembagaan dalam Pileg dan Pilpres bersikap netral namun untuk perorangan diperbolehkan untuk masuk kedalam Parpol manapun. “Dan tetap harus menjaga kesatuan dan persatuan,” katanya.