Kalau Menang, Sandiaga Jamin BPJS Kesehatan Tak Defisit

Sandiaga Uno. - Antara/Sigid Kurniawan
27 Februari 2019 13:57 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA--Di tahun politik, janji manis para calon dengan mudah diumbar. Hal itu pula yang dilakukan Calon Wakil Presiden RI Sandiaga Salahuddin Uno. Dia  menjamin Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan tidak mengalami defisit jika dirinya bersama Capres Prabowo Subianto berhasil menjadi pemimpin negara. 

"BPJS akan dihitung dan dikelola secara betul-betul pendekatan yang komprehensif," kata Sandiaga di GOR Bulungan, Jakarta Selatan, Rabu (27/2/2019).

Jaminan kesehatan dan layanan kesehatan, khususnya bagi masyarakat bawah itu, kata dia, tidak terganggu, salah pengelolaan, atau kekurangan keuangan di BPJS. Menurut dia, kalau pengelolaannnya dengan baik, semestinya BPJS ini tidak defisit dan dihitung dengan baik.

"Jika ada kekurangan itu, lanjut dia, harus ditambal dengan APBN, itu yang menjadi salah satu pendekatan," kata mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu.

Saat kampanye di Makassar, dia mendapat masukan dari para pakar yang menyampaikan bahwa BPJS Kesehatan ini betul-betul harus dikelola lebih baik ke depan.

Pengelolaan keuangannya harus dilakukan secara profesional, dihitung secara detail melalui proses aktuaria. Hal ini karena konsepnya adalah konsep yang oleh undang-undang.

"Patut dikelola secara holistis untuk menghadirkan jaminan kesehatan nasional dan layanan kesehatan seperti yang diamanatkan undang-undang," kata Sandiaga.

Sumber : antara