Advertisement

Gempa Terus Terjadi, BMKG Tingkatkan Pengawasan

Newswire
Jum'at, 08 Februari 2019 - 06:37 WIB
Sunartono
Gempa Terus Terjadi, BMKG Tingkatkan Pengawasan Ilustrasi gempa bumi. - IST/Liputan6.com

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA--Sejumlah wilayah di Indonesia, yakni Mentawai, Morotai, hingga Gorontalo mengalami gempa dalam kurun waktu berdekatan. Oleh sebab itu, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) meningkatkan pengawasan.

Kepala Bidang Informasi Gempabumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG, Daryono menyebutkan bahwa timnya selalu siaga untuk mengawasi aktivitas gempa, dan memberikan informasi kepada masyarakat.

Advertisement

"Kesiapan kita terus tingkatkan, petugas kami di BMKG selalu siaga 24 jam memonitor aktivitas gempa di Indonesia dan segera menginfokan kepada masyarakat," ujar Daryono Kamis (7/2/2019).

Daryono menambahkan untuk memaksimalkan pengawasan tersebut, tim BMKG memastikan perangkat-perangkat beroperasi dalam kondisi prima. Selain itu, akurasi juga tidak luput diabaikan oleh BMKG.

"Selain itu kita akan memastikan semua peralatan monitoring, prosesing dan penyebarluasan [diseminasi] informasi gempa dan peringatan dini tsunami dalam kondisi prima. Kita akan terus pelihara supaya beroperasi dengan baik termasuk akurasinya," katanya.

Kemudian lanjut Daryono, lembaganya akan "menambah jaringan sensor seismik untuk monitoring gempa. “Juga menjadi prioritas kami agar info gempa dan peringatan dini tsunami bisa cepat dan akurat sebagai bentuk pelayanan informasi kepada masyarakat," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Okezone.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jalan-jalan Keliling Destinasi Wisata, Cek Jalur Trans Jogja!

Jogja
| Rabu, 24 April 2024, 08:27 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement