Advertisement

Bukan karena Tidak Ada Kekerasan Seksual, Ini Alasan Agni Terima Kesepakatan di Luar Pengadilan

Herlambang Jati Kusumo
Rabu, 06 Februari 2019 - 21:25 WIB
Budi Cahyana
Bukan karena Tidak Ada Kekerasan Seksual, Ini Alasan Agni Terima Kesepakatan di Luar Pengadilan Jumpa pers dugaan kekerasan seksual di Kantor Rifka Annisa, Rabu (6/2/2019). - Harian Jogja/Herlambang Jati Kusumo

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Tim pendamping dan kuasa hukum Agni (nama samaran mahasiswi UGM) yang diduga menjadi korban kekerasan seksual) memilih penyelesaian nonlitigasi atau di luar pengadilan untuk melindungi hak-hak Agni.

Pengacara Agni, Sukiratnasari mengatakan perkembangan penyelesaian dugaan kekerasan seksual yang semakin hari semakin tidak jelas justru memperbesar tekanan psikis bagi Agni.

Advertisement

“Kami menyadari bahwa semua pilihan penyelesaian memiliki risiko masing-masing. Oleh karena itu, kami berdiskusi untuk mempertimbangkan penyelesaian mana yang resikinya paling minimal bagi Agni, memenuhi rasa keadilan dan mengutamakan perlindungan hak-hak Agni,” kata dia dalam jumpa pers di Kantor Rifka Annisa, Rabu (6/2/2019).

Jumpa pers tersebut tidak diikuti Agni. Namun, Agni sudah membaca dan menyetujui butir-butir pernyataan yang dikeluarkan dalam jumpa pers.

Kiki, sapaan karibnya, mengatakan penyelesaian nonlitigasi menjadi solusi yang lebih mampu menjamin pemulihan hak-hak penyintas dan mencegah terjadinya tendensi kriminalisasi terhadap Agni maupun jurnalis Balairung Press. Selain itu, hak-hak Agni sebagai penyintas dengan jelas dijamin pelaksanaannya dalam kesepakatan, dan beberapa poin lainnya.

“Keputusan nonlitigasi diambil karena situasi saat ini semakin tidak menguntungkan bagi Agni dan memperkecil kemungkinan Agni untuk memperoleh keadilan,” ujarnya.

Dia meminta dukungan agar semua pihak untuk memastikan, mengawal dan memantau proses penyelesaian agar setiap poin kesepakatan dapat terlaksana dengan baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Muncul Wacana Pilihan Lurah di Gunungkidul Tahun Depan Digelar Dua Kali

Gunungkidul
| Jum'at, 26 April 2024, 13:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement