Rel KA yang Pernah Dilalui Charlie Chaplin akan Direaktivasi Pemerintah

Sejumlah petugas membenahi dan merawat rel kereta api di salah satu titik rel di Dusun Bantar, Desa Banguncipto, Kecamatan Sentolo, beberapa waktu lalu. Titik tersebut merupakan salah satu perlintasan sebidang tak berpalang pintu dan tak berpenjaga di Kulonprogo. Harian Jogja/Uli Febriarni
20 Januari 2019 10:17 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Pemerintah akan melakukan reaktivasi sebanyak empat stasiun lama di Jawa Barat. Jalur kereta melalui sejumlah stasiun yang akan dihidupkan kembali itu dinilau memiliki latar belakang menarik dengan pemandangan yang indah.

Termasuk jalur yang pernah dilalui aktor sekaligus sutradara asal Inggris, Charlie Chaplin pernah dua kali melihat keindahan tersebut dengan naik kereta api. Chaplin yang meninggal di usia 88 tahun pada 1977 itu pernah menjadi ikon seluruh dunia melalui layar lebarnya The Tramp dan dianggap sebagai salah satu figur berpengaruh dalam industri film dunia.

"Dulu pernah lho ke Garut ini tahun 1926 Charlie Chaplin. Betul, dua kali lagi. Karena melihat keindahan ini, naiknya kereta api,” kata Presiden Jokowi, Sabtu (19/1/2019).

Jokowi menambahkan dulu Charlie Chaplin juga turun di Bandung, kemudian naiknya ke Garut dengan kereta api. Tentu saja, sambung Presiden, sambil melihat pemandangan yang indah di kanan-kiri rel kereta.

Untuk itulah, Pemerintah akan kembali mengaktifkan stasiun kereta yang pernah ditutup itu, disamping juga untuk menumbuhkan titik-titik perekonomian baru.

Menurut Presiden, Pemerintah akan memulai reaktivasi jalur-jalur kereta baru. Tidak hanya satu, tapi ada empat yang akan segera dimulai termasuk nanti yang masuk ke kawasan wisata. Karena memang dulunya wilayah itu menyangkut kawasan wisata.

Meskipun ingin segera dimulai, Presiden Jokowi memberi target dua reaktivasi jalur kereta yang menyangkut empat stasiun itu bisa diselesaikan.

Keempat stasiun KA yang akan segera direaktivasi itu antara lain, Stasiun Bandung - Ciwideuy berlokasi di Soreang, Ciwidey, Bandung, kemudian Stasiun Banjar-Pangandaran-Cijulang berlokasi di Banjar, Pangandaran. Selain itu Stasiun Cibatu-Garut-Cikajang, berlokasi di Cibatu, Garut, Cikajang; dan Stasiun Rancaekek-Tanjungsari, berlokasi di Bandung, Sumedang.

Sumber : Okezone.com