Advertisement

Usulan Tes Baca Alquran, Capres Diminta Baca Al-Fatihah dan Surat Pendek

Newswire
Selasa, 15 Januari 2019 - 07:50 WIB
Bhekti Suryani
Usulan Tes Baca Alquran, Capres Diminta Baca Al-Fatihah dan Surat Pendek Ketua Ikatan Dai Aceh (IDA), TGK Marsyuddin Ishak di posko pemenangan Jokowi - Maruf. - Suara.com/M. Yasir

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA- Surat Al-Fatihah dan surat-surat pendek diusulkan dibacakan ke pasangan capres dan cawapres sebagai bagian dari tes baca Alquran yang diajukan Ikatan Dai Aceh (IDA).

Ikatan Dai Aceh (IDA) TGK Marsyuddin Ishak mengatakan, surat Al-Fatihah akan menjadi materi wajib yang diujikan dalam tes baca Al-Quran kepada Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden di Pemilu 2019. Selain surat Al-Fatihah pihaknya juga mewacanakan surat-surat pendek sebagai materi tes baca Al-Quran yang akan diujikan.

Advertisement

IDA, kata Marsyuddin, masih membahas ihwal teknis materi tes baca Al-Quran. Bahkan, Marsyuddin mengungkapkan tidak menutup kemungkinan akan mengujikan surat-surat lain, selain surat Al-Fatihah dan surat-surat pendek.

"Pertama itu surat Al-Fatihah itu wajib, dan kami wacanakan surat pendek. Namun demikian, kami masih membuka peluang surat-surat lain dari beberapa tokoh ulama yang kami akan musyawarahkan dikemudian hari," kata Marsyuddin di Posko Cemara, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (14/1/2019).

Marsyuddin menerangkan, jika kedua pasangan Capres dan Cawapres setuju tes baca Al Quran, maka akan dilaksanakan di Masjid Raya Baiturrahmah, Banda Aceh. Sementara, untuk waktu pelaksanaannya disesuaikan kepada masing-masing pasangan Capres dan Cawapres.

“Adapun, waktu akan kita sesuaikan dengan jadwal paslon, karena kita maklumi kedua paslon ini memiliki kesibukkan yang sangat padat,” kata dia.

Sebelumnya, Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo - Ma'ruf Amin menyatakan menerima permintaan Ikatan Dai Aceh (IDA) terkait tes baca Al - Quran yang diajukan kepada Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden Jokowi - Ma'ruf. TKN Jokowi - Ma'ruf Amin mengungkapkan hal itu sebagai bentuk apresiasi atas keinginan masyarakat Aceh.

Wakil Direktur TKN Jokowi - Ma'ruf Amin, Lukman Edy menggungkapkan pihaknya akan segera mengirimkan surat resmi atas jawaban permintaan IDA terkait tes baca Al - Quran.

"Hari ini akan kami kirimkan jawaban suratnya secara tertulis dari TKN dengan isi dan substansinya adalah kami siap bersedia untuk mengikuti tes baca Al-Quran yang diinisasi oleh ikatan DAI Aceh," kata Lukman di Posko Cemara TKN Jokowi - Ma'ruf Amin, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (14/1/2019).

Sebagaimana diketahui, perwakilan Ikatan Dai Aceh (IDA) telah menyambangi Posko Badan Pemenangan Nasional Prabowo Subianto - Sandiaga Uno dan Posko Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi - Ma'ruf Amin pada hari ini. Kedatangan mereka untuk meminta tanggapanya terkait permintaan tes baca Al-Quarn yang diajukan dai Aceh kepada kedua paslon Capres-Cawapres di Pilpres 2019.

Namun baru kubu TKN Jokowi - Ma'ruf Amin yang menyatakan kesiapannya untuk memenuhi permintaan tersebut.

"TKN dengan isi dan substansinya adalah kami siap bersedia untuk mengikuti tes baca Al-Quran yang diinisasi oleh ikatan DAI Aceh," kata Lukman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Suara.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Cuaca DIY Hari Ini Jumat 19 April 2024: Jogja, Sleman dan Gunungkidul Hujan Lebat Disertai Petir

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 06:37 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement