Advertisement

Waduh, Sejumlah Pengungsi Tsunami Selat Sunda di Banten Mulai Terserang Penyakit

Newswire
Rabu, 26 Desember 2018 - 16:37 WIB
Kusnul Isti Qomah
Waduh, Sejumlah Pengungsi Tsunami Selat Sunda di Banten Mulai Terserang Penyakit Suasana pascatsunami di kawasan Banten, Minggu (23/12). Peristiwa tsunami yang terjadi Sabtu (22/12/2018) pada pukul 21.27 WIB itu mengakibatkan sejumlah kerusakan dan korban jiwa. - ANTARA FOTO/Dian Triyuli Handoko

Advertisement

Harianjogja.com, BANTEN-Memasuki hari keempat usai bencana tsunami Selat Sunda di Kabupaten Serang dan Pandeglang, ribuan masyarakat terpaksa mengungsi di berbagai tempat pengungsian.

Akibatnya, para pengungsi mulai terserang berbagai penyakit, seperti infeksi saluran pernapasan akut, gatal-gatal, dan yang lainnya. Dan hingga saat ini, obat-obatan masih minim dan tim medis masih sedikit.

Advertisement

Salah satu tim medis di Posko Pengungsian warga Carita, Pandeglang, Thomas Basokro mengataan, dari hari kedua usai kejadian kebutuhan pengunsgsi sepetti makanan sdah terpenuhi.

Posko Kesehatan di Kampung Pasanggrahan yang baru dibuka sejak kemarin saja ratusan pengungsi mengeluhkan mulai terserang penyakit seperti batuk, pusing, gatal, pilek.

"Baru beberapa jam saja membuka posko kesehatan sudah 70 sampai 75 orang pengungsi dilayani, itu baru dibuka ya," ujar Baskoro, Rabu (26/12/2018).

Bahkan, sejumlah pengungsi yang memiliki penyakit khusus mulai kesulitan mendapatkan obat, penyakitnya sedikit-demi sedikit mulai kambuh.

"Ada juga beberapa pasien memiliki obat pribadi karena ada musibah ini akhirnya tidak dibawa dan mulai menderita darah tinggi," katanya.

Untuk itu, dia mengimabu kepada para pungsi agar menjaga kesehatannya. Apalagi, hujan terus mengguyur daerah terdampak bencana tsunami.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Okezone.com

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Korban Apartemen Malioboro City Bakal Bergabung dengan Ratusan Orang untuk Aksi Hari Buruh

Jogja
| Kamis, 25 April 2024, 11:27 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement