Prabowo-Sandi Bakal Dibekali Pelatih Debat Profesional

Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno. - Okezone
21 Desember 2018 05:50 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA- Menghadapi debat capres-cawapres yang akan digelar tak lama lagi, kubu Prabowo Subianto mulai bersiap.

Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo - Sandiaga telah menyiapkan terkait teknis untuk sesi debat Capres - Cawapres yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Bahkan, BPN menyiapkan pelatih debat untuk Capres - Cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto - Sandiaga Uno.

Hal itu diungkapkan oleh Ketua Umum BPN Djoko Santoso di Kopi Bos, Tebet, Jakarta Selatan, Kamis (20/12/2018). Kata Djoko, BPN harus begadang demi mempersiapkan sesi debat yang akan dilaksanakan dalam lima sesi yang akan dimulai pada 17 Januari 2019.

"Kita kemarin rapat sampai jam satu malam untuk mempersiapkan surat ke KPU. Kita mengusulkan moderator siapa, panelis siapa dan juga ke dalam siapa-siapa yang menyiapkan materi debat," kata Djoko.

Djoko juga menjelaskan kalau BPN mempersiapkan pelatih debat profesional untuk melatih Prabowo - Sandiaga. Hal itu disiapkan Djoko karena sudah menjadi kewajibannya sebagai Ketum BPN.

"Mengenai tidak mau dilatih itu terserah, kita sudah siapa semuanya. Dilatih Prabowo-Sandiaga, akan kita latih dengan ahli debat profesional. Supaya berjalan dengan lancar, itu kewajiban saya dan itu sudah memang disiapkan," pungkasnya.

Untuk diketahui, Komisi Pemilihan Umum atau KPU mengusulkan 14 tema dalam debat pasangan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden di Pilpres 2019. Ketua KPU, Arief Budiman mengatakan usulan itu akan dibahas dalam rapat persiapan debat pasangan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden Pemilu Tahun 2019 yang digelar hari ini.

Arief mengatakan KPU telah mengusulkan 14 tema debat capres dan cawapres kepada perwakilan Tim Kampanye peserta Pilpres 2019. Selain itu, kata Arief masing-masing dari mereka juga diperkenankan mengusulkan tema debat nantinya.

"Kemarin KPU sudah mengusulkan 14 tema, tapi kan masing-masing bisa juga mengusulkan tema-tema," kata Arief di Kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (19/12/2018).

Ke-14 tema yang telah diusulkan KPU ke masing-masing Tim Kampanye paslon merupakan tema-tema yang relevan dengan situasi dan kondisi bangsa ini. Tema tersebut kata Arief di antaranya menyangkut persoalan ekonomi, sosial, budaya, politik, hukum, Hak Asasi Manusia (HAM), lingkungan hidup, serta pendidikan.

Debat I
Waktu: 17 Januari 2019
Lokasi: Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan
Tema: Hukum, HAM, Korupsi, dan Terorisme
Peserta: Pasangan calon presiden dan calon wakil presiden

Debat II
Waktu: 17 Februari 2019
Lokasi: Hotel Fairmont, Senayan
Tema: Energi, pangan, infrastruktur, sumber daya alam, lingkungan hidup
Peserta: Calon presiden

Debat III
Waktu: 17 Maret 2019
Lokasi: Hotel Sultan, Senayan
Tema: Pendidikan kesehatan, ketenagakerjaan, sosial dan budaya
Peserta: Calon wakil presiden

Debat IV
Waktu: 30 Maret 2019
Lokasi: Balai Sudirman, Tebet
Tema: Ideologi, pemerintahan keamanan serta hubungan internasional
Peserta: Calon presiden

Debat V
Waktu: Belum ditentukan
Lokasi: Hotel Bidakara, Pancoran
Tema: Ekonomi dan kesejahteraan sosial, keuangan, investasi, serta industri.
Peserta: Pasangan calon presiden dan calon wakil presiden

Sumber : Suara.com