Advertisement

Abu Bakar Ba'asyir Akan Dipindah Dekat Rumah

Muhammad Ismail
Senin, 23 April 2018 - 16:00 WIB
Galih Eko Kurniawan
Abu Bakar Ba'asyir Akan Dipindah Dekat Rumah Abu Bakar Ba'asyir saat menjalani perawatan di RSCM Jakarta, belum lama ini. - JIBI/Solopos/Dok

Advertisement

Harianjogja.com, SOLO—Sedikitnya tiga rumah tahanan (rutan) di kawasan Soloraya diminta bersiap menampung narapidana kasus terorisme, Abu Bakar Ba’asyir, yang akan dipindahkan dari LP Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah.

 “Kami telah menyediakan tiga rutan untuk memindahkan Ba’asyir. Ketiga rutan tersebut yakni Klaten, Solo, dan Sragen,” ujar Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Jateng, Ibnu Chuldun, seusai peluncuran Absensi Sidik Jari Klien di Balai Pemasyarakatan (Bapas) Solo, Jumat (20/4/2018).

Advertisement

Ibnu mengungkapkan pemindahan Ba’asyir ke rutan dekat rumahnya di Sukoharjo merupakan instruksi langsung Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Menko (Polhukam) Wiranto. Kanwil Kemenkumham Jateng langsung berkoordinasi dengan kepala LP Klaten, Rutan Solo, dan LP Sragen.

“Kami intinya siap jika benar Ba’asyir dipindahkan ke rutan dekat rumahnya. Namun, sampai sekarang belum mendapatkan kepastian kapan pemindahan itu dilakukan,” kata dia.

Kanwil Kemenkumham Jateng, lanjut dia, sampai sekarang masih menunggu kepastian pemindahan Ba’asyir dari Direktorat Jenderal Pemasyarakatan yang memiliki kewenangan memindahkan tahanan dan narapidana. Ia mengatakan ketiga rutan di Soloraya sudah mempersiapkan segala sesuatunya untuk menerima Ba’asyir.

Kesiapan tersebut mulai dari tim medis, kamar, petugas keamanan, dan lainnya. Kalau narapidana diketahui sakit, lanjutnya, lebih naik dalam penanganan rumah sakit.

Kepala Pengamanan Rutan (KPR) Solo, Urip Dharma Yoga, mengungkapkan Rutan Kelas 1A Solo  sampai sekarang masih menunggu surat resmi dari Kemenkumham pusat terkait wacana pemindahan tahanan kasus terorisme Ba’asyir. Rutan Solo kalau benar ditunjuk sebagai lokasi pemindahan Ba’asyir akan menerima keputusan Kemenkumham.

“Kondisi rutan Solo sekarang over kapasitas. Sementara jumah pengikut Ba’asyir di Soloraya banyak. Kami meminta kepada Kemenkumham mempertimbangan dua aspek teknis itu jika benar menempatkan Ba’asyir ke Rutan Solo,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Solopos

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal KA Prameks Stasiun Tugu Jogja-Kutoarjo, Kamis 2 Mei 2024

Jogja
| Kamis, 02 Mei 2024, 03:47 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement