Advertisement

Sempat Diteror Bom Asap, Begini Kata PM Jepang soal Keamanan KTT G7

Erta Darwati
Minggu, 16 April 2023 - 16:37 WIB
Arief Junianto
Sempat Diteror Bom Asap, Begini Kata PM Jepang soal Keamanan KTT G7 PM Jepang, Fumio Kishida. - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Perdana Menteri (PM) Jepang, Fumio Kishida berjanji akan memastikan keamanan pertemuan kekuatan industri G7 hingga bulan depan.  

Diketahui Kishida lolos tanpa cedera setelah seorang tersangka melemparkan bom asap selama kampanye pemilihan di sebuah pelabuhan perikanan di Jepang barat. 

Advertisement

Kantor berita Kyodo mengatakan bahwa tersangka yang diidentifikasi oleh polisi bernama Ryuji Kimura itu baru berusia 24 tahun, seperti dilansir dari CNA, Minggu (16/4/2023). 

Saat ditangkap, tersangka juga terbukti membawa pisau ketika dia ditangkap, serta kemungkinan alat peledak kedua yang dijatuhkannya di tempat kejadian setelah orang-orang di sekitar dan polisi menangkapnya.  

Setelah serangan bom asap, seorang petugas polisi dilaporkan terluka ringan. Namun, hingga kini tidak ada motif serangan yang jelas.

BACA JUGA: Berkat Anime Populer, Jepang Kelebihan Spesies Rakun

Kishida menekankan bahwa Jepang tidak boleh membiarkan tindakan kekerasan yang menyerang pondasi demokrasi. "Pada saat pejabat tinggi dari seluruh dunia sedang berkunjung. Jepang secara keseluruhan perlu memaksimalkan upayanya untuk memastikan keamanan dan keselamatan, tidak dapat dimaafkan tindakan kekerasan seperti itu dilakukan selama kampanye pemilu," kata Kishida, Minggu.

Ketakutan akan bom asap tersebut menjadi pengingat atas pembunuhan terhadap mantan Perdana Menteri Shinzo Abe, yang ditembak dengan senjata rakitan saat berkampanye untuk pemilihan parlemen, pada Juli lalu.

Pembunuhan Abe mengejutkan rakyat Jepang, di mana kejahatan senjata sangat jarang terjadi di negara itu, dan mendorong peninjauan keamanan bagi para politisi, yang secara rutin berbaur dengan publik.

Sementara itu, politisi Jepang melakukan kampanye untuk pemilihan sela pada 23 April untuk majelis rendah parlemen.

Kepala Sekretaris Kabinet Hirokazu Matsuno mengatakan bahwa polisi telah diinstruksikan untuk meningkatkan keamanan dan pemerintah akan melakukan yang diperlukan untuk memastikan keamanan ketika Kishida menjadi tuan rumah KTT G7 di Hiroshima, pada Mei nanti.  

Menteri Luar Negeri negara-negara G7 berkumpul untuk pertemuan di kota resor Karuizawa, sementara Menteri Lingkungan dan Energi G7 bertemu di Sapporo di Jepang utara, akhir pekan ini, pada Minggu.

Kronologi

Perdana Menteri Jepang, Fumio Kishida berhasil dievakuasi tanpa cedera setelah seorang tersangka melemparkan sebuah pipa, yang tampak seperti bom asap, saat pidato di Pelabuhan Saikazaki di Prefektur Wakayama, Sabtu pagi waktu setempat. 

Berikut kronologi dan detik-detik pelemparan bom asap yang menargetkan PM Jepang Fumio Kishida. Melansir dari Reuters, Sabtu (15/4/2023), ledakan dari bom asap tersebut keras terdengar. Untungnya, Fumio Kishida berhasil berlindung dan tidak terluka. Polisi segera menahan seorang pria di tempat kejadian dan tidak ada korban luka dari kejadian tersebut. 

"Polisi sedang menyelidiki detail suara ledakan keras di tempat pidato sebelumnya. Saya minta maaf karena membuat banyak orang khawatir. Kami berada di tengah pemilihan penting bagi negara. Kami harus melakukan ini bersama-sama," kata Kishida saat melanjutkan pidato kampanye dalam video yang disiarkan oleh NHK.

Sesaat sebelum kejadian, dalam rekaman video terlihat Kishida disajikan makanan laut khas lokal. Kemudian, Kishida melihat ke belakang dengan terkejut saat teriakan memenuhi area tersebut.

Seorang pria yang diidentifikasi oleh surat kabar Asahi sebagai staf koperasi perikanan menangkap seorang pemuda di kepalanya saat polisi mengerumuni tersangka dan menyeretnya ke tanah. Beberapa saat kemudian, ledakan dan kepulan asap terlihat di dekat tempat Kishida berdiri.

Sebuah pipa logam berukuran 20-30 cm (7,8 hingga 11,8 inci) terlempar dan mendarat di dekat tempat Kishida berdiri. 

Seorang perwakilan dari markas polisi prefektur Wakayama mengatakan kepada Reuters bahwa dia tidak dapat menjawab pertanyaan tentang insiden tersebut. Polisi menangkap tersangka laki-laki berusia 24 tahun dari kota Kawanishi dengan nama keluarga Kimura. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Libur Sekolah 2024, Berikut Harga Tiket Masuk Taman Pintar Jogja

Jogja
| Kamis, 20 Juni 2024, 08:17 WIB

Advertisement

alt

Indonesia Punya Pantai Terbaik untuk Berselancar, Ini Daftarnya

Wisata
| Senin, 17 Juni 2024, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement