KECELAKAAN PESAWAT : Herkules Jatuh Saat Menuju Runway 33 Wamena

Pesawat Hercules C 130 (Dok)
18 Desember 2016 09:20 WIB Sunartono News Share :

Kecelakaan pesawat terjadi di Malang.

Harianjogja.com, MALANG - Pesawat C-130 Hercules milik TNI AU dengan nomor ekor Alfa 1334 dikabarkan hilang kontak dan jatuh dalam perjalanan dari menuju Bandara Wamena, Papua, Minggu (18/12/2016) pagi. Pesawat yang bermarkas di Skuadron Udara 32 Lanud Abdulrachman Saleh Malang itu tengah menjalankan misi kegiatan navigasi exercise.

Informasi yang dihimpun Harianjogja.com, pesawat dengan sandi Herki itu dikabarkan hilang kontak sekitar pukul 06.08 WIT atau sekitar empat menit sebelum dijadwalkan mendarat di Bandara Wamena. Pesawat ini berangkat dari Timika sekitar pukul 05.35 WIT. Sekitar pukul 06.02 WIT, pilot pesawat sempat menghubungi petugas tower di Bandara Wamena melakukan pendaratan. Satu menit sebelum hilang kontak, atau sekitar pukul 06.08 WIT, petugas tower secara manual sempat melihat titik pesawat akan persiapan landing berjarak sekitar dua nautical mile dari Bandara Wamena. Saat itu A-1334 tengah melakukan persiapan pendaratan di runway 33, Wamena. Namun kemudian hilang kontak dengan petugas tower.

Kapentak Lanud Abdulrachman Saleh Malang Mayor Sus Londong membenarnya atas peristiwa itu. Hercules A-1334 berangkat dari Malang pada Sabtu (17/12/2016), dalam misi navigasi exercise (navex) TNI AU. Pesawat itu dipiloti oleh Mayor Pnb Marlon Ardilles Kawer.

"Berangkatnya Sabtu. Kebetulan kopilotnya ada dua Kapten Hotlan [Kapten Pnb Jhan Hotlan Farin Saragih] dan Lettu Hanggo [Lettu Pnb Hanggo Fitradhi]," terangnya saat dimintai konfirmasi Harianjogja.com, Minggu (18/12/2016) pagi.

Selain ketiga penerbang itu, pesawat tersebut juga membawa seorang Navigator yaitu Lettu Nav Arif Fajar Prayogi dan delapan awak lainnya. Misi navex merupakan kegiatan rutin TNI AU. Setelah dari Wamena, pesawat tersebut rencananya akan menuju Jayapura dan kembali lagi ke Wamena.