KAMPUS JOGJA : UAJY Gelar Kompetisi Komunikasi

17 Mei 2015 04:15 WIB News Share :

Kampus Jogja, UJAY menggelar kompetisi komunikasi tingkat nasional.

Harianjogja.com, SLEMAN – Himpunan Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi (HMPSKOM) Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) menggelar kompetisi berskala nasional. Kompetisi dibidang ilmu komunikasi ini diberi label Communication Interest Festival (Comminfest).

Koordinator Umum Comminfest 2015 Sofi Cahyaningrum mengatakan kali ini kompetisi mengangkat tema besar “eXploring Humanity”. Dengan tema ini peserta diajak untuk menggali kembali nilai-nilai kemanusiaan di era digital media dewasa ini.

“Kami menggelar enam lomba yang diikuti mahasiswa Indonesia yang memiliki ketertarikan dalam bidang komunikasi. Tahap final akan diselenggarakan secara serentak pada Jumat 15 Mei 2015 hingga Sabtu 16 Mei 2015,” kata Sofi di kampus Auditorium Kampus St. Theresa, Jumat (15/5/2015).

Kompetisi di bidang public relations mengangkat tema CSR Communication in the New Media Era mengajak setiap peserta untuk menjadi seorang praktisi PR yang kreatif dan kritis. Masih ada Lumens Award, kompetisi di bidang advertising yang mengajak peserta untuk menuangkan ide kreatifnya lewat Iklan yang bertema social Ad.

Kompetisi lain ada Feature Writing Competition lewat penulisan naskah feature dan mengangkat tema “Humanity around the city”. Di bidang broadcasting journalism mengangkat tema Humanity in Diversity.

“Kami ada juga Lensa Ilmiah di bidang riset kajian media lewat penulisan essay. Sedangkan Radio Announcer Competition mengangkat tema “Hak Asasi Manusia” mengajak setiap peserta untuk menjadi penyiar yang peka terhadap persoalan-persoalan HAM,” tutur Sofi.

Dari masing-masing mata lomba ini akan dipilih pemenang yang akan menghadiri Awarding Nite yang
dipersembahkan secara khusus untuk seluruh finalis peserta Comminfest.

Pihak panitia juga menghadirkan beberapa narasumber yang memiliki kompetensi di bidangnay, seperti di bidang broadcasting ada Febri Arif Mawan yang merupakan news producer NetTv. Jadi tidak hanya sekadar kompetisi, namun benar-benar ada pembekalan semacam workshop juga.

“Kami ada 85 peserta yang datang dari seluruh Indonesia. Kami berharap dengan acara ini perkembangan komunikasi ke depannya bisa lebih baik lagi,” jelas Sofi.