Advertisement

SABDA RAJA : Ini Beda Buwono dan Bawono?

Jum'at, 08 Mei 2015 - 12:20 WIB
Mediani Dyah Natalia
SABDA RAJA : Ini Beda Buwono dan Bawono? GBPH Yudhaningrat bersalaman dengan GKR Pembanyun saat bersama-sama berkunjung di Makam Ki Ageng Giring, di Dusun Giring, Desa Sodo, Kecamatan Paliyan. Senin (4/5/2015). (David Kurniawan/JIBI - Harian Jogja)

Advertisement

Sabda Raja yang baru saja Sri Sultan HB X menyebutkan perubahan gelar dari Buwono menjadi Bawono.

Harianjogja.com, JOGJA—Sri Sultan HB X melakukan sejumlah perubahan melalui Sabda Raja beberapa waktu lalu. Maksud dari beberapa peralihan tersebut masih mengundang pertanyaan. (Baca Juga : http://jogja.solopos.com/baca/2015/05/07/sabda-raja-sultan-sebut-poin-sabda-raja-yang-dimuat-media-salah-602073">SABDA RAJA : Sultan Sebut Poin Sabda Raja yang Dimuat Media Salah)

Advertisement

Salah satunya adalah http://www.solopos.com/2015/05/07/sabda-raja-sultan-sebut-poin-sabda-raja-yang-dimuat-media-salah-602073">keputusan HB X mengubah kata Buwono menjadi Bawono pada gelar yang dia sandang. Dalam kamus Bahasa Jawa yang disusun oleh Tim Penyusun Bahasa Jawa Yogyakarta, pencarian akan kata bawana akan diarahkan ke kata bawana. Makna kedua kata itu sama yakni berarti jagat. Lalu apa bedanya?

Gusti Bendoro Pangeran Haryo (GBPH) Yudhaningrat, salah satu adik Sultan, menilai ada perbedaan makna dari dua kata itu. Gelar Buwono yang melekat dalam gelar Sultan dimaknai sebagai pemangku bumi. Sementara Bawono lebih luas dari itu. (http://www.solopos.com/2015/05/06/sabda-raja-sultan-benarkan-pembayun-putri-mahkota-601464">Baca: Pembayun Calon Ratu)

"Tapi kalau Bawono itu makrokosmos seluruh alam semesta," kata Gusti Yudho.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Alert! Stok Darah di DIY Menipis, PMI Dorong Instansi Gelar Donor Darah

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 13:47 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement