Advertisement

BMKG Temukan Indikasi El Nino

Newswire
Jum'at, 14 Desember 2018 - 18:37 WIB
Nina Atmasari
BMKG Temukan Indikasi El Nino Kondisi kapal yang pecah karena menghantam karang di Pantai Buluk, Gunungkidul, Selasa (20/11/2018). - Ist/Satlinmas Rescue Istimewa Wil 2 Gunungkidul

Advertisement

Harianjogjacom, JAKARTA- Fenomena alam terkini dirilis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Instansi ini memantau adanya penghangatan suhu permukaan laut di Pasifik tengah dan timur yang mengindikasikan El Nino lemah. El Nino itu kini bergerak di lautan pasifik tengah dan timur.

Organisasi Meteorologi Dunia (WMO) menyatakan bahwa kondisi El Nino telah terpenuhi dari sisi menghangatnya lautan Pasifik. Namun interaksi antara lautan dengan atmosfer belum terjadi di antara keduanya.

Advertisement

"Pergerakan atmosfer belum menunjukkan situasi yang biasa terjadi pada kondisi El Nino, tapi berdasarkan pantauan BMKG terjadi penghangatan suhu permukaan laut antara 0,5-1 derajat Celsius di Pasifik tengah dan timur," kata Deputi Bidang Klimatologi Herizal dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Jumat (14/12/2018).

Sementara itu Samudera Hindia pada akhir November 2018 menunjukkan kondisi dipole mode positif yang tidak berkontribusi dalam penambahan uap air di wilayah Indonesia bagian Barat.

Sementara suhu Perairan Indonesia dalam kondisi Normal, dengan pendinginan atau penghangatan suhu permukaan laut antara 0,5 sampai dengan satu derajat Celsius dari rata-rata normalnya. Sementara Suhu muka laut mendingin terjadi disekitar selatan Bali sampai Nusa Tenggara Barat, dan selat Makasar.

Wilayah dengan suhu permukaan laut lebih hangat terdapat di perairan barat sekitar Sumatera bagian utara, Laut Timor, Laut Seram dan Laut Maluku.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Suara.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Lengkap KRL Jogja Solo dan KRL Solo Jogja Hari Ini, Jumat 26 April 2024

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 02:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement