Advertisement

Ingat Beban Utang, Menteri Sri Mulyani Peringatkan Kemenhub soal Proyek Infrastruktur

Newswire
Selasa, 23 Oktober 2018 - 12:50 WIB
Bhekti Suryani
Ingat Beban Utang, Menteri Sri Mulyani Peringatkan Kemenhub soal Proyek Infrastruktur Menteri Kuangan Sri Mulyani Indrawati memberikan keterangan kepada wartawan terkait realisasi APBN triwulan pertama 2018 di Kementerian Keuangan, Jakarta, Senin (16/4/2018). - Antara/Sigid Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Proyek infrastruktur yang dibangun pemerintah harus benar-benar sesuai kebutuhan masyarakat.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati meminta kepada Kementerian Perhubungan untuk jeli dalam membangun proyek infrastruktur. Menurutnya, Kemenhub harus benar-benar membangun proyek infrastruktur yang sesuai kebutuhan dan memiliki nilai keekonomian yang tinggi.

Advertisement

Menurutnya, jika dalam mengerjakan proyek tidak jeli akan menimbulkan beban dua kali. Beban pertama, proyek yang tidak bagus. Artinya masyarakat tidak dapat menikmati infrastruktur yang sudah dibangun secara maksimal, atau justru proyek tersebut akan sepi peminat.

Beban kedua adalah beban utang yang kemungkinan akan meningkat. Menurutnya, dengan uang yang beredar semakin langka menimbulkan gejolak pada perekonomian dan nilai tukar Rupiah.

Di saat nilai tukar mengalami pelemahan maka beban impor Indonesia akan semakin besar. Jika besar, maka utang pun berpotensi untuk meningkat nilainya.

"Kalau tidak punya program yang memiliki power of return ya tidak bagus anda berpotensi menghasilkan beban dua kali. Pertama menghasilkan proyek yang tidak bagus, kedua uang ini menjadi sangat langka. Jadi anda membebani ini," ujarnya dalam acara Leadership di Kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta, Senin (22/10/2018).

Apalagi menurutnya, Sri Mulyani saat ini kondisi perekonomian dunia mengalami perubahan yang cukup signifikan. Bahkan beberapa negara pun mulai terkena dampaknya.

"Dunia berubah tidak hanya demografi tapi dari sisi bahwa mereka membutuhkan aspirasi yang cukup tinggi. Tapi dunia dihadapkan suasana yang cukup pelik," jelas Ani.

"Waktu anda mendesain suatu proyek waktu suku bunganya rendah proyek proyek apapun menjadi menarik. Bahkan proyek yang enggak mutupun menjadi kerena karena cost of money menjadi sangat murah," imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Okezone.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Program Padat Karya, Pemkab Bantul Sediakan Bantuan Keuangan Khusus Rp32 Miliar

Bantul
| Sabtu, 20 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement