Advertisement

Kedua Pasangan Capres-Cawapres Deklarasikan Kampanye Damai

Newswire
Minggu, 23 September 2018 - 09:17 WIB
Kusnul Isti Qomah
Kedua Pasangan Capres-Cawapres Deklarasikan Kampanye Damai Deklarasi Pilpres damai oleh kedua capres dan cawapres, Minggu (23/9/2018). - Ist/Okezone

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA-Pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) Joko Widodo-KH Ma'ruf Amin berserta Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno mendeklarasikan kampanye damai dalam Pilpres 2019.

Deklarasi Pilpres damai ini digelar di lapangan silang Monas, Jakarta, Minggu (23/9/2018), dibacakan oleh Ketua KPU Arief Budiman dan Ketua Bawaslu Abnan. Kedua pasangan capres dan cawapres dengan nomor 01 dan 02 itu pun mengikuti pembacaan deklarasi tersebut.

Advertisement

Selain itu, ke-16 pimpinan partai politik peserta Pemilu 2019 itu juga mengikrarkan hal yang sama beserta seluruh anggota DPD dengan Dapil Jakarta.

Ketua KPU Arief Budiman mengatakan, sebanyak tiga poin yang diibacakan pada kampanye damai dalam meminta komitemen untuk meneguhkan Pancasila dan UUD 1945.

Para pasangan capres dan cawapres ini juga diminta memperkenalkan dan mensosialisasikan dengan cara kampenye yang anti-SARA dan hoaks.

"Selama masa kampanye harus dilakukan dengan metode dan UU yang berlaku. Yakni kampanye menyampaikan visi, misi dan menyampaikan program dan diharapkan meningkatkan angka partisipasi pemilih," ujarnya.

Adapun poin dalam deklarasi kampanye damai Pemilu 2019 adalah, pertama mewujudkan pemilu yang langsung umum bebas rahasia jujur dan adil. Kedua melaksanakan kampanye pemilu yang aman tertib damai berintegritas tanpa hoaks politisasi SARA, dan uang.

"Ketiga nelaksanakan kampanye berdasarkan peraturan dan perundangan yang berlaku," imbuhnya.

Deklarasi kampanye damai ditandai dengan pelepasan burung merpati oleh seluruh peserta dan penyelenggara Pemilu 2019 dan menandatangi prastasi perjanjian bersama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Okezone

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Stok Darah dan Jadwal Donor Darah di Wilayah DIY Jumat 26 April 2024

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 11:27 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement