Perayaan Kemerdekaan Malaysia Bakal Ganggu 500 Penerbangan

Ilustrasi penumpang boarding. - The Active Times
22 Agustus 2018 10:50 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, KUALA LUMPUR – Perayaan hari kemerdekaan Malaysia akan mengganggu ratusan penerbangan. 

Hampir 500 penerbangan akan terkena dampak saat Malaysia menutup wilayah udara di dekat Bandara Internasional Kuala Lumpur (KLIA) setiap pagi selama lima hari pekan depan untuk mempersiapkan perayaan hari kemerdekaannya. Peringatan itu diumumkan kementerian transportasi Malaysia pada Selasa (21/8/2018).

Parade Hari Nasional tahunan Malaysia, yang menampilkan pertunjukan aerobatik oleh angkatan udara, biasanya diadakan pada 31 Agustus di Ibu Kota Kuala Lumpur yang berjarak 60 kilometer dari KLIA dan terminal maskapai penerbangan murahnya, KLIA2. Namun, kementerian transportasi mengumumkan bahwa tahun ini perayaan tersebut akan digelar di Putrajaya yang berjarak lebih dekat dari kedua bandara tersebut.

Sebanyak 498 penerbangan keluar dan masuk dari kedua bandara tersebut diperkirakan akan terkena dampak penutupan yang akan berlangsung mulai 27 Agustus sampai 31 Agustus dari pukul 9.30 pagi sampai 10.30 pagi waktu setempat.

"Penutupan itu penting untuk memastikan keberhasilan flypast Hari Nasional 2018 dan prioritasnya adalah untuk memastikan keselamatan wilayah udara dan pergerakan pesawat di KLIA / KLIA2," demikian pernyataan dari kementerian yang dilansir Reuters, Selasa (21/8/2018). Flypast adalah penerbangan kehormatan yang dilakukan oleh satu atau sekelompok pesawat.

Disebutkan juga bahwa penutupan tersebut mungkin melibatkan pengaturan tambahan yang dapat menyebabkan penundaan penerbangan. Kementerian menyarankan publik untuk menghubungi maskapai penerbangan dan otoritas bandara untuk mendapatkan informasi dan jadwal terbaru.

Sumber : Okezone