Advertisement

Dilanda Kebakaran Hutan, California Umumkan Keadaan Darurat

Newswire
Selasa, 26 Juni 2018 - 15:18 WIB
Kusnul Isti Qomah
Dilanda Kebakaran Hutan, California Umumkan Keadaan Darurat Kebakaran lahan. - Solopos/M. Ferri Setiawan

Advertisement

Harianjogja.com, LOS ANGELES-Gubernur California Jerry Brown pada Senin (25/6/2018) mengumumkan keadaan darurat bagi kebakaran hutan agresif di Lake County, 190 kilometer di sebelah barat-laut Sacramento, Ibu Kota Negara Bagian tersebut.

Kebakaran itu, yang diberi nama "Pawnee Fire", berawal pada Sabtu (23/6/2018) dan menghanguskan 33,2 km persegi tanpa bisa dikendalikan, demikian keterangan yang diperbarui oleh Cal Fire pada Senin pagi. Si jago merah telah melahap 22 bangunan dan mengancam sebanyak 600 rumah lagi.

Advertisement

Sejauh ini sebanyak 3.000 warga diungsikan diungsikan sementara tak kurang dari 230 petugas pemadam melanjutkan upaya pemadaman pada Senin, kata Xinhua --yang dipantau Antara di Jakarta, Selasa siang. Mereka menggunakan tujuh buldozer dan dua helikopter.

"Kebakaran telah mengakibatkan pemadaman listrik, memaksa ditutupnya jalan raya dan terus mengancam prasaran penting," demikian isi pengumuman darurat Brown.

Ketua Batalion Perlindungan dari Api dan Departemen Kehutanan Jonathan Cox sebagaimana dikutip oleh saluran berita lokal KCAR mengatakan "Pawnee Fire" cuma satu dari empat kebakaran besar yang mengamuk di Northern California.

"Stoll Fire", "Lane Fire" dan "Creek Fire", yang berkobar di Shasta Country dan Tehama County --yang berdekatan, telah menghanguskan lebih dari 18,2 kilometer persegi lahan.

"Ini adalah pengingat yang bagus bahwa musim kebakaran di depan kami," kata Cox.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Bus Damri dari Jogja-Bandara YIA, Bantul, Sleman dan Sekitarnya

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 04:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement