Advertisement

Donald Trump : Korea Utara akan Menghapus Program Nuklir dengan Cepat

Bhekti Suryani
Selasa, 12 Juni 2018 - 13:50 WIB
Bhekti Suryani
Donald Trump : Korea Utara akan Menghapus Program Nuklir dengan Cepat Presiden AS Donald Trump (kanan) sata bertemu dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un (kiri) di Singapura Selasa (12/6/2018). - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, SINGAPURA- Presiden AS Donald Trump dan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un menandatangani dokumen lengkap menyusul pertemuan bersejarah yang yang bertujuan untuk penghapusan program nuklir atau denuklirisasi di semenanjung Korea.

Tidak ada rincian detail tentang isi dokumen, namun, Trump mengatakan, dia berharap proses denuklirisasi dimulai dengan “sangat cepat”.

Advertisement

Meskipun terobosan yang dibuat hanya menandai dimulainya proses diplomatik, itu bisa membawa perubahan yang langgeng terhadap lanskap keamanan Asia Timur Laut, seperti halnya kunjungan mantan Presiden AS Richard Nixon ke Beijing pada 1972 yang menyebabkan transformasi Cina.

Sebelum penandangan dokumen yang disebut Trump sebagai “comprehensive letter”, Kim menyatakan dua pemimpin negara telah membuat pertemuan bersejarah dan memutuskan untuk meninggalkan masa lalu. Dunia akan melihat perubahan besar.

Trump mengatakan dia telah membentuk "ikatan sangat istimewa" dengan Kim dan hubungan dengan Korea Utara akan sangat berbeda.

“Orang-orang akan sangat terkesan, dan orang-orang akan gembira dan kami akan menangani masalah yang sangat berbahaya bagi dunia,” kata Trump.

Saat ditanya apakah dia akan mengundang Kim ke Gedung Putih, Trump mengatakan “tentu saja, saya akan mengundangnya”.

 

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Reuters

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Jadwal Kereta Bandara YIA Xpress Sabtu 20 April 2024, Tiket Rp50 Ribu

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 04:17 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement