Advertisement

Ini Kata Trump soal Hasil Pertemuannya dengan Kim Jong Un

Bhekti Suryani
Selasa, 12 Juni 2018 - 13:30 WIB
Bhekti Suryani
Ini Kata Trump soal Hasil Pertemuannya dengan Kim Jong Un Presiden AS Donald Trump (kanan) sata bertemu dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un (kiri) di Singapura Selasa (12/6/2018). - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, SINGAPURA- Presiden AS Donald Trump mengatakan pertemuan bersejarah dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un pada Selasa (12/6/2018) telah berlalu. Hasilnya lebih baik dari yang diperkirakan siapapun. Keduanya akan menandatangani dokumen setelah adanya pembicaraan mengenai jalan untuk mengakhiri kebuntuan nuklir di Semenanjung Korea.

Kim berdiri diam di samping Trump ketika ia berbicara dengan media selama berjalan-jalan setelah makan siang di taman hotel Singapura tempat KTT diadakan. Pemimpin Korea Utara tersebut sebelumnya menggambarkan pertemuan mereka sebagai "awal yang baik untuk perdamaian".

Advertisement

Kedua pria itu berjalan ke limusin milik Trump dan melihat ke belakang, dan Trump menunjukkan kepada Kim sesuatu di dalamnya. Mereka kemudian melanjutkan perjalanan mereka.

“Banyak capaian- benar-benar sangat positif- Saya pikir lebih baik dari apa yang diharapkan siapapun. Sangat bagus. Kami akan melakukan tanda tangan,” kata Trump berbicara ke jurnalis tanpa memberikan penjelasan detail apa yang akan ditandatangani, seperti dilansir dari Reuters, Selasa (12/6/2018).

Jika mereka berhasil membuat terobosan diplomatik, itu bisa membawa perubahan yang langgeng ke lanskap keamanan Asia Timur Laut, seperti kunjungan mantan Presiden AS Richard Nixon ke China pada 1972 yang menyebabkan transformasi Cina.

Kedua pria ini tampak serius ketika menuju limousin untuk melangsungkan pertemuan di Capella Hotel di Pulau Sentosa, sebuah resort dengan hotel mewah, kasino, pantai dan taman Universal Studio.

Setelah bersalaman mereka tersenyum dan memegang pundak masing-masing, sebelum Trump memandu Kim menuju ke perpustakaan dimana pertemuan dilangsungkan bersama penerjemah masing-masing.

Trump pada Sabtu pekan lalu menyatakanm dalam satu menit dia akan tahu apakah pertemuan dengan Kim akan mencapai kesepakatan atau tidak.

Di tempat pertemuan, mereka duduk bersama satu sama lain dengan latar belakang bendera Korea Utara dan AS. Wajah Kim berseri-seri lebar saat presiden AS memberinya acungan jempol.

Setelah peertemuan berlangsung sekitar 40 menit, Trump dan Kim muncul, berjalan berdampingan melalui hotel bertiang sebelum memasuki ruang rapat, di mana mereka bergabung dengan pejabat paling senior mereka.

Kim terdengar mengatakan kepada Trump melalui seorang penerjemah: “Saya pikir seluruh dunia sedang menyaksikan momen ini. Banyak orang di dunia akan menganggap ini sebagai adegan dari fantasi, film fiksi ilmiah. ”

Ditanya oleh reporter bagaimana pertemuan itu berlangsung, Trump berkata: “Sangat bagus. Sangat sangat baik. Hubungan baik." Kim juga terdengar positif tentang prospek pertemuan itu.

"Kami mengatasi semua skeptisisme dan spekulasi tentang KTT ini dan saya percaya bahwa ini baik untuk perdamaian," katanya. "Saya percaya ini adalah awal yang baik untuk perdamaian."

Trump bergabung dengan Sekretaris Negara Mike Pompeo, Penasihat Keamanan Nasional John Bolton, dan John Kelly, Kepala Staf Gedung Putih. Sementara tim Kim termasuk mantan kepala intelijen militer Kim Yong Chol, menteri luar negeri Ri Yong Ho dan Ri Su Yong dan wakil ketua Partai Buruh yang berkuasa.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Reuters

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Viral Hansip hingga Driver Gojek Nonton Timnas Indonesia U-23 saat Melawan South Korea U-23 Piala Asia 2024 di Qatar

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement