Advertisement

Ini Modal Amien Rais untuk Maju Jadi Capres 2019

Newswire
Senin, 11 Juni 2018 - 15:50 WIB
Bhekti Suryani
Ini Modal Amien Rais untuk Maju Jadi Capres 2019 Amien Rais. - Antara/Puspa Perwitasari

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA- Politikus senior Amien Rais kini digadang-gadang menjadi calon presiden 2019. Berikut sejumlah modal yang dimiliki Amien rais versi pengamat politik.

Selain tidak punya rekam jejak pelanggaran hak asasi manusia di masa lalu, Pengamat Politik Yunarto Wijaya menelisik Amien Rais mempunyai tiga modal besar lainnya untuk menjadi calon presiden 2019. Sejauh ini publik hanya melihat Joko Widodo dan Prabowo Subianto sebagai sosok yang diprediksi saling berhadapan di Pilpres 2019 mendatang.

Advertisement

Dalam akun Twitternya, @yunartowijaya, Yunarto mengatakan Amien sebagai sosok yang konsisten dalam manuver politiknya. Termasuk dalam hal mengkritik pemerintah.

"Untuk bisa lawan Jokowi, dibutuhkan karakter yang jelas positioningnya untuk tampung emosi/psikologi massa anti Jokowi. Adakah orang partai yang lebih konsisten dibanding AR? Prabowo pun tidak menurut saya," kata Yunarto yang dalam setiap tweetnya memberikan hastag #AmienRaisfor2019.

Selain itu, dalam konteks isu pro dan anticapres petahana, Amien bisa berpeluang menjatuhkan lawan politiknya. Meski di 2004, Amien gagal menjadi presiden.

"2004 AR gagal jadi presiden karena situasi psikologis yang tidak cukup konfliktual. Beda dengan 2019 ketika temanya adalah Pro atau Anti Incumbent. Dan sejarah membuktikan AR selalu menjatuhkan seseorang. Ini modal besar," lanjutnya.

Modal terakhir, latar belakang akademisi Amien yang mumpuni. Terutama di bidang hubungan internasional. Dia dianggap mampu menghadapi geopolitik dan ekonomi yang semakin kompleks.

"Jokowi enggak punya itu, Prabowo pun terbatas dari kacamata tentara," kata Yunarto.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Suara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Simak! Jalur Trans Jogja Lengkap, ke UGM, UNY, Rumah Sakit dan Tempat Wisata

Jogja
| Sabtu, 27 April 2024, 09:27 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement