Advertisement

Hebat, Indonesia Punya Pabrik Drone Pertama di Asia Tenggara

Newswire
Kamis, 19 April 2018 - 23:45 WIB
Anton Wahyu Prihartono
Hebat, Indonesia Punya Pabrik Drone Pertama di Asia Tenggara Ilustrasi Drone. - Reuters/Charles Platiau

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA-Indonesia merupakan satu-satunya negara di Asia Tenggara yang memiliki pabrik drone. Pabrik tersebut berada di Jalan Raya Sentul 23, Kadumangu, Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat,

Pabrik drone tersebut diresmikan oleh Presiden Direktur PT Famindo Inovasi Teknologi (FIT), Julius Agus Salim, Kamis (19/04/2018). Julius mengaku pabrik itu merupakan pengembangan teknologi drone pertama di Asia Tenggara. Menurut Julius dalam siaran persnya, banyak orang Indonesia yang memiliki kemampuan hebat, sehingga memotivasi dirinya untuk memajukan karya anak bangsa, khususnya dalam melakukan pengembangan dan produksi drone yang ramah lingkungan.

Advertisement

"Selama ini kita lebih banyak mengimpor drone dari China dan Eropa, padahal kita bisa memproduksi sendiri. Ini yang memotivasi saya untuk membuat pabrik drone," katanya.

Julius menyampaikan bahwa pengembangan teknologi drone di Indonesia saat ini masih langka disebabkan belum adanya dukungan teknologi serta edukasi pemanfaatan drone oleh manufacture dan pengembang, sehingga konsumen drone di Indonesia masih sangat minim dan lebih memilih untuk memakai drone yang dihasilkan oleh teknologi luar negeri. "Bahan baku yang digunakan dalam pembuatan drone ini 80 persen merupakan produksi dalam negeri," tuturnya.

Dia menambahkan, Famindo Group merupakan perusahaan yang telah menjalin kerja sama dengan Mabes TNI, Polri, Basarnas dan BIN. Salah satu perusahaan milik Famindo Group adalah PT Famindo Inovasi Teknologi (FIT), perusahaan yang bergerak di bidang teknologi drone dan terus berinovasi lebih jauh di sektor drone.

Drone yang diproduksi PT  FIT dibuat di pabrik yang ramah lingkungan serta didukung oleh teknologi dan standar yang telah terakreditasi, baik di level nasional maupun internasional. "Proses pembuatan setiap produk melalui tiga tahap dinamis (desain, perakitan dan testing) yang mengutamakan detail serta kesempurnaan setiap rangkaian pada sistem UAV (pesawat tanpa awak)," katanya.

Disamping itu, PT FIT mendirikan sekolah drone untuk memenuhi kebutuhan calon pilot drone di Indonesia, baik untuk sektor keamanan negara maupun untuk kebutuhan sipil. Sekolah Drone PT FIT memiliki tiga pelatihan yaitu, Kelas Basic, meliputi materi cara mengendalikan drone beserta aspek keselamatannya hingga menjadi Pilot Drone yang baik. Kelas Captain, mencakup seluruh materi keselamatan menggunakan drone, kendali drone secara manual serta pengenalan ground control system untuk mengendalikan drone. Kelas Instructor, untuk memenuhi kebutuhan pelatihan bagi pilot drone yang ingin menjadi pelatih.

Sementara itu, Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Kabasarnas) Marsdya TNI Muhammad Syaugi yang hadir dalam peresmian tersebut menyambut baik terkait peresmian PT FIT yang bergerak dalam bidang pengembangan drone dan Sekolah Pilot Drone. "Saya melihat sangat bagus terkait pengembangan produksi drone termasuk adanya sekolah pilot khusus drone di Indonesia," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Sopir Ngantuk, Dua Mobil Adu Banteng di Jalan Jogja-Wonosari hingga Ringsek

Gunungkidul
| Selasa, 19 Maret 2024, 07:57 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement