Advertisement

Zarof Ricar Jadi Makelar Kasus Pengadilan dengan Perolehan Dugaan Suap Nyaris Rp1 Triliun, Begini Respons MA

Anshary Madya Sukma
Minggu, 27 Oktober 2024 - 17:17 WIB
Sunartono
Zarof Ricar Jadi Makelar Kasus Pengadilan dengan Perolehan Dugaan Suap Nyaris Rp1 Triliun, Begini Respons MA Mahkamah Agung (MA) menegaskan tidak ada sangkut paut dengan perkara hukum yang tengah menimpa bekas petingginya, Zarof Ricar. MA juga tidak ambil pusing dengan status Zarof yang kini telah menjadi tersangka. Apalagi, Zarof telah pensiun sejak 2 tahun lalu. - Antara.

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Mahkamah Agung (MA) menegaskan tidak ada sangkut paut dengan perkara hukum yang tengah menimpa bekas petingginya, Zarof Ricar. MA juga tidak ambil pusing dengan status Zarof yang kini telah menjadi tersangka. Apalagi, Zarof telah pensiun sejak 2 tahun lalu.

"Dulu memang, pegawai kita ASN kita, karena sudah purna dan purnanya sudah dua tahun lebih. Maka MA, itu tidak lagi menjadi tanggungan MA untuk memberikan pengawasan dan pembinaan," ujarnya Juru Bicara MA Yanto kepada wartawan, dikutip Minggu (27/10/2024).

Advertisement

Yanto juga tidak ingin merespons soal aset Zarof yang telah dikumpulkannya sejak 2012-2022 dan mencapai Rp996 miliar atau nyaris Rp1 triliun. Aset itu kini telah diamankan penyidik Kejagung.  Temuan Kejagung itu hanya bisa dijelaskan oleh Zarof. Bahkan, Yanto juga mengaku kaget atas jumlah harta yang berhasil dikumpulkan oleh Zarof tersebut.

"Ya dari 2012 itu kan artinya 12 tahun yang lalu. Ya dia ngumpulin itu ya terus dia dari mana dengan siapa yang bisa menjelaskan kan dia. Nah kita gak tahu ya, makanya kan kalau MA tidak mengerti," ucapnya.

Sebelumnya Zarof Ricar telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan suap vonis bebas Ronald Tannur pada Jumat (25/10/2024). Kejagung telah menyita uang Rp5,7 miliar, 74,4 juta dolar Singapura, US$1,8 juta, 71.200 euro, 483.320 dolar Hong Kong, dan 51 kilogram emas batangan. Totalnya, jika telah dikonversikan mencapai Rp996 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Berita Lainnya

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

2 Puskesmas Kota Jogja Direlokasi, Pembangunan Selesai di Akhir November 2024

Jogja
| Minggu, 27 Oktober 2024, 18:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Makanan Ramah Vegan

Wisata
| Minggu, 27 Oktober 2024, 08:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement