Advertisement

Profil Veronika Tan, Wamen PPPA di Kabinet Prabowo

Ujang Hasanudin & newswere
Selasa, 22 Oktober 2024 - 07:27 WIB
Ujang Hasanudin
Profil Veronika Tan, Wamen PPPA di Kabinet Prabowo Veronika Tan. - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Presiden RI Prabowo Subianto menunjuk Veronica Tan menjadi Wakil Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA). Jabatan Wamen PPPA ini merupakan pertama kalinya dalam sejarah

Veronika Tan resmi dilantik menjadi Wamen PPPA pada Senin (21/10/2024). Usai dilantik jadi Wamen PPPA, mantan Istri Basuki Thahaja Purnama (Ahok) mengatakan bahwa perempuan itu harus pintar dan mandiri.

Advertisement

"Jadi kalau misalnya memang ada pendamping, bisa ikut mandiri bersama pendamping, minimal bisa bantu dan juga bisa mandiri. Karena beban berat ketika punya anak, bagaimana mendidik anak, dan yang paling penting, perempuan itu harus smart," kata Veronica Tan, di Jakarta, Senin (21/10) dilansir Antara

Veronica Tan adalah wanita kelahiran Medan pada 4 Desember 1977 dia dikenal sebagai sosok yang peduli terhadap kesejahteraan ibu dan anak. Veronica Tan menikah dengan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) yang merupakan mantan Gubernur DKI Jakarta, pada 6 September 1997.

Dari pernikahan tersebut, mereka dikaruniai tiga anak: Nicholas Sean Purnama, Nathania Berniece Zhong dan Daud Albeenner Purnama. Setelah bercerai pada awal 2018, Veronica mulai terjun ke dunia bisnis dengan mengelola usaha daging sapi impor bernama Alpha Agro Indonesia.

BACA JUGA: Ini Janji Menteri PPPA Arifatul Choiri Fauzi Bersama Kabinet Merah Putih Prabowo-Gibran

Memiliki latar belakang pendidikan yang kuat, Veronica menempuh pendidikan di jurusan Arsitektur di Universitas Pelita Harapan (UPH), namun selama perjalanan hidupnya dirinya banyak berkaitan dengan pelayanan masyarakat.

Salah satu dedikasinya yang menonjol adalah melalui Yayasan Waroeng Imaji, sebuah inisiatif yang dia dirikan untuk mendukung anak-anak yang tinggal di rumah susun di Jakarta.

Pada tahun 2017, dia mengajak 200 anak dari rusun untuk tampil dalam operet berjudul Aku Anak Rusun - Selendang Arimbi, sebagai bagian dari upayanya mendorong impian anak-anak tersebut dalam seni teater, musik dan pertunjukan.

Selain itu, Veronica pernah menjabat sebagai Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI) DKI Jakarta.

Dia juga sempat menjalankan usaha produksi alat PCR untuk mendeteksi COVID-19 yang bekerja sama dengan Kalgen Innolab. Di tengah aktivitasnya, Veronica terus menunjukkan komitmen terhadap kesejahteraan masyarakat, terutama ibu dan anak.

Itulah mengapa peran yang ditawarkan kepadanya dalam pemerintahan Prabowo menjadi sangat relevan dengan pengalaman serta kepeduliannya selama ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Berita Lainnya

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Top Ten News Harianjogja.com, Selasa 22 Oktober 2024, PHK Ratusan Karyawan di Sleman, Ngayogjazz, Persiapan Debat Pilkada Jogja

Jogja
| Selasa, 22 Oktober 2024, 08:07 WIB

Advertisement

alt

Menengok Lagi Kisah Ribuan Prajurit Terakota Penjaga Makam Raja di Xian China

Wisata
| Kamis, 17 Oktober 2024, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement