Advertisement

Gempa Pidie Aceh M4,7 Berpusat di Daratan, Begini Penjelasan BMKG

Abdul Hamied Razak
Selasa, 03 September 2024 - 00:37 WIB
Abdul Hamied Razak
Gempa Pidie Aceh M4,7 Berpusat di Daratan, Begini Penjelasan BMKG Gempa bumi yang mengguncang Kabupaten Pidie, Aceh magnitudo 4,7 yang terjadi pada Senin (2/9 - 2024) malam, adalah gempa dangkal yang berpusat di daratan. Ist

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTAGempa bumi yang mengguncang Kabupaten Pidie, Aceh magnitudo 4,7 yang terjadi pada Senin (2/9/2024) malam, adalah gempa dangkal yang berpusat di daratan.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Daryono mengatakan bahwa pusat gempa berada di darat dengan kedalaman 5 kilometer, pada koordinat 4.86 LU, 96.06 BT atau berjarak 28 kilometer Barat Daya Pidie.

Advertisement

BACA JUGA: Ancaman Megathrust, Pemda DIY Mengaku Tak Perlu Mengeluarkan Surat Edaran Kewaspadaan

Gempa bumi tersebut dirasakan beberapa saat di Kecamatan Mane, Geumpang, Tangse, (Kabupaten Pidie), Krueng Sabee, Calang (Kabupaten Aceh Jaya) dan sejumlah wilayah di Kabupaten Nagan Raya, Aceh dengan skala intensitas IV-II MMI.

Gempa bumi tersebut memiliki parameter terkini berkekuatan 4,7 magnitudo. BMKG mencatat sementara sampai dengan pukul 21.51 WIB belum ada gempa susulan dan juga belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi itu.

Masyarakat diimbau tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang diragukan kebenarannya sampai hasil analisis peristiwa menyeluruh dilaporkan oleh BMKG.

Hasil analisis tersebut bisa didapatkan masyarakat dengan cara mengakses aplikasi daring infoBMKG, media sosial infoBMKG, atau dapat langsung menghubungi kantor BMKG terdekat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pamong dan Lurah di Bantul Diingatkan Tetap Netral dalam Pilkada 2024

Bantul
| Minggu, 15 September 2024, 15:07 WIB

Advertisement

alt

Kawah Ijen Mulai Dibuka Kembali, Ini SOP Pendakiannya

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 21:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement