Advertisement

Upacara Kemerdekaan Indonesia di IKN Pemerintah Telah Siapkan Plaza Seremoni

Newswire
Jum'at, 26 Juli 2024 - 20:17 WIB
Maya Herawati
Upacara Kemerdekaan Indonesia di IKN Pemerintah Telah Siapkan Plaza Seremoni Plaza Seremoni Kota Nusantara siap untuk menggelar Upacara HUT Ke-79 Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 2024. ANTARA - ist/Humas OIKN

Advertisement

Harianjogja.com, PENAJAM PASER UTARA—Upacara HUT ke-79 Kemerdekaan Indonesia bakal digelar di Ibu kota Nusantara. Pemerintah menyiapkan Plaza Seremoni IKN untuk upacara 17 Agustus 2024 nanti.

"Plaza Seremoni di ibu kota negara baru Indonesia dipastikan siap difungsikan, saat ini dalam tahap penyempurnaan," kata Ketua Satgas Perencanaan Pengembangan Infrastruktur IKN Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Imam Santoso Ernawi, Jumat (26/7/2024).

Advertisement

Plaza Seremoni yang terletak tepat di depan Istana Presiden Kota Nusantara tersebut memiliki kapasitas sekitar 8.000 orang.

Kawasan Plaza Seremoni terdapat satu bangunan yang difungsikan sebagai pusat informasi (visitor center) untuk pengunjung mendapatkan informasi ketika berkunjung ke ibu kota negara baru Indonesia.

Menurut dia, bangunan tersebut juga berfungsi sebagai sentra pelaku usaha yang memfasilitasi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) lokal di sekitar kawasan IKN.

Plaza Seremoni bakal menjadi tempat Upacara HUT Ke-79 RI yang dipimpin langsung Presiden Joko Widodo dan dihadiri sejumlah tamu dan undangan kenegaraan.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt.) Wakil OIKN Raja Juli Antoni mengatakan bahwa banyak informasi di Plaza Seremoni sehingga sangat sayang tidak mengunjunginya ketika berada di IKN.

BACA JUGA: Beberapa Jam Jelang Pembukaan Olimpiade, Sejumlah Jaringan KA di Prancis Disabotase

Plaza Seremoni, kata dia, menyimpan makna mendalam yang menggambarkan semangat juang masyarakat Indonesia yang tidak pernah padam untuk terus mewujudkan masa depan Indonesia yang lebih baik.

"Penting untuk memaknai perjuangan para pahlawan wujudkan kemerdekaan Indonesia," ujarnya lagi.

Raja Juli Antoni mengatakan bahwa perjuangan para pahlawan dalam mewujudkan kemerdekaan RI harus terus menginspirasi generasi muda, khususnya di Kalimantan Timur, untuk bersama-sama membangun Indonesia menjadi lebih baik.

Semangat dan makna perjuangan tersebut, lanjut dia, dituangkan dalam Plaza Seremoni yang dibangun dalam KIPP Kota Nusantara sebagai ibu kota negara masa depan Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal DAMRI ke Pantai Baron Gunungkidul, Parangtritis Bantul, Candi Prambanan dan Borobudur, Cek di Sini

Jogja
| Minggu, 08 September 2024, 05:27 WIB

Advertisement

alt

Resor Ski Indoor Terbesar di Dunia di Shanghai China, Berukuran 350 Ribu Meter Persegi

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement