Advertisement

Pengumuman Ujian Mandiri Undip Sempat Diretas hingga Muncul Jurusan S1 Rebahan dan Cek Khodam, Begini Pernyataan Kampus

Newswire
Kamis, 11 Juli 2024 - 17:07 WIB
Lajeng Padmaratri
Pengumuman Ujian Mandiri Undip Sempat Diretas hingga Muncul Jurusan S1 Rebahan dan Cek Khodam, Begini Pernyataan Kampus Universitas Diponegoro (Undip) Semarang. - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, SEMARANG—Pengumuman ujian seleksi mandiri Universitas Diponegoro (Undip) Semarang sempat diwarnai gangguan atau dugaan peretasan.

Baru-baru ini server hasil pengumuman ujian mandiri di laman Undip diduga diretas dengan munculnya tulisan jurusan yang tidak sesuai dengan pilihan calon mahasiswa.

Advertisement

Akun X @SBMPTNFESS, pada Kamis (11/7/2024), mengunggah sejumlah tangkapan layar yang menunjukkan bahwa situs Undip telah diretas, karena nama jurusan yang tidak sesuai.

Hal tersebut membuat heboh warganet karena sejumlah nama jurusan yang berubah dengan nama yang kocak. Beberapa di antaranya seperti S1 Rebahan, S1 Horas Bah, S1 Teknik Ping Pong, S1 Panjat Pinang, serta S1 Cek Khodam.

BACA JUGA: Usai Pendemi Covid-19, Dana Bosda 2024 di Jogja Bakal Naik, SD Rp1 Juta SMP Rp1,5 Juta

Menanggapi kejadian ini, pihak kampus Undip memastikan data penerimaan calon mahasiswa dari jalur seleksi ujian mandiri reguler tetap aman, meski ada gangguan atau dugaan peretasan.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof Heru Susanto dalam pernyataan tertulis, di Semarang, Kamis, menegaskan peserta seleksi ujian mandiri reguler yang dinyatakan lolos telah ditetapkan Rektor Undip melalui pengumuman Nomor 74/UN7.A/AK/2024.

"Bahwa pengumuman terdokumentasi dengan baik dalam bentuk cetak yang disimpan oleh Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru Undip," katanya sebagaimana diunggah melalui akun Instagram resmi Undip @undip.official.

Pengumuman calon mahasiswa yang lolos seleksi itu telah diunggah di laman pendaftaran.undip.ac.id pada tanggal 10 Juli 2024 pukul 23.00 WIB yang dapat diakses oleh seluruh peserta.

Namun, diakuinya, laman tersebut diperkirakan pada 11 Juli 2024 pukul 02.00 WIB telah mendapatkan gangguan dari pihak eksternal yang mengubah nama program studi yang telah diunggah.

BACA JUGA: Peneliti Temukan Resep Membuat Es Krim Anti Meleleh

Meski demikian Heru meminta kepada seluruh peserta seleksi ujian mandiri reguler Undip untuk tidak panik, karena tidak akan terjadi perubahan hasil seleksi yang telah ditetapkan pada pengumuman.

"Saat ini kami sedang menyelesaikan persoalan ini, segera setelah persoalan ini dapat kami selesaikan, pengumuman akan kami aktifkan kembali melalui laman pendaftaran.undip.ac.id pada tanggal 11 Juli 2024 pukul 15.00 WIB," kata Heru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : ANTARA

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal DAMRI ke Pantai Baron Gunungkidul, Parangtritis Bantul, Candi Prambanan dan Borobudur, Cek di Sini

Jogja
| Minggu, 08 September 2024, 05:27 WIB

Advertisement

alt

Resor Ski Indoor Terbesar di Dunia di Shanghai China, Berukuran 350 Ribu Meter Persegi

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement