Advertisement

Waspada! Hujan Petir Diprediksi Terjadi di 23 Provinsi

Newswire
Minggu, 30 Juni 2024 - 07:27 WIB
Sunartono
Waspada! Hujan Petir Diprediksi Terjadi di 23 Provinsi Ilustrasi hujan lebat. - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) RI mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai turunnya hujan disertai kilat atau petir yang diprakirakan akan mengguyur 23 provinsi di Indonesia pada Minggu.

Sebagaimana dikutip dari laman resmi BMKG. 23 provinsi yang berpotensi diterjang hujan yang disertai kilat atau petir atau hujan badai itu adalah Provinsi Aceh, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, dan Jawa Barat.

Advertisement

Berikutnya adalah Provinsi Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Maluku Utara, dan Papua Barat.

Selain hujan yang disertai kilat atau petir, BMKG pun memprakirakan terdapat 22 provinsi yang berpotensi diguyur hujan lebat, yakni Aceh, Sumatera Utara, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Lampung, Banten, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, dan Kalimantan Timur.

Provinsi lainnya adalah Provinsi Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Selanjutnya, ada pula peringatan mengenai potensi hujan yang disertai dampak seperti banjir yang dapat melanda daerah Aceh, Sumatera Utara, Lampung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Papua Barat, dan Papua.

BMKG juga mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai kemunculan angin kencang di wilayah Aceh, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Barat, dan Papua.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Keren! Forum Bank Sampah Mergangsan Jogja Sulap Sampah Plastik Menjadi Kreasi Fashion

Jogja
| Selasa, 02 Juli 2024, 08:17 WIB

Advertisement

alt

Harga Tiket Masuk Museum Benteng Vredeburg dan Jam Buka

Wisata
| Sabtu, 29 Juni 2024, 16:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement