Advertisement

Rute Kapal Pinisi ke IKN Segera Dibuka, Bisa Lihat Orangutan, Pesut, dan Bekantan

Dwi Rachmawati
Minggu, 23 Juni 2024 - 22:47 WIB
Arief Junianto
Rute Kapal Pinisi ke IKN Segera Dibuka, Bisa Lihat Orangutan, Pesut, dan Bekantan Ilustrasi kapal pinisi. - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) saat ini tengah menyiapkan rute pelayaran kapal pinisi untuk wisata ke Ibu Kota Nusantara (IKN). 

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi mengatakan perairan di Balikpapan, Kalimantan Timur punya potensi wisata air yang menarik. Penyediaan pelayaran kapal pinisi untuk pariwisata tersebut diklaim menjadi upaya penting pemerintah dalam mengenalkan IKN kepada masyarakat.

Advertisement

Kedua rute Kapal Pinisi disiapkan untuk pelayaran wisata ke IKN, yaitu dari Pelabuhan Semayang-Jembatan Pulau Balang (passing)-Dermaga PT ITCI KU (memutar)-Pelabuhan Semayang.

Kemudian untuk rute yang berkebalikan, yaitu Dermaga PT ITCI KU-Jembatan Pulau Balang (passing)-Pelabuhan Semayang (memutar)-Dermaga PT ITCI KU. 

Menurut Budi, total waktu pelayaran tersebut diperkirakan mencapai 3,5 jam. Selama pelayaran, wisatawan dapat menikmati wisata kuliner, mengunjungi gedung serba guna dan jembatan Pulau Balang, hutan bakau, penangkaran orangutan, hingga melihat hewan endemik seperti ikan pesut, bekantan dan buaya.

Selain itu, Budi mengklaim, para wisatawan nantinya dapat menikmati city tour di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan di IKN dengan kendaraan ramah lingkungan. "Pelabuhan Punggur, Pelabuhan ITCI, dan Pusat Suaka Orangutan yang rencananya akan menjadi rute pelayaran kapal pinisi untuk kepentingan wisata di wilayah Balikpapan, khususnya untuk menuju kawasan IKN," ujar Budi dalam keterangannya, dikutip Minggu (23/6/2024).

BACA JUGA: Nusantara Airport Jadi Nama Bandara di IKN, Menhub Targetkan Pengoperasian di 1 Agustus

Budi menyebut, perjalanan dari Balikpapan ke IKN lebih cepat dengan menggunakan transportasi laut dibandingkan transportasi darat.

Sebelumnya, kata dia, pihaknya juga telah mengajak Asosiasi Pengusaha Pelayaran Niaga Nasional Indonesia (INSA) untuk bekerja sama dalam pengadaan kapal pinisi di IKN. "Sempoga langkah ini dapat memberikan kontribusi yang signifikan terhadap perekonomian daerah dan melestarikan budaya maritim tanah air," kata Menhub.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Air Sungai Bawah Tanah di Ngobaran Diaktivasi, Kekeringan di Wilayah Gunungkidul Berkurang

Gunungkidul
| Selasa, 16 Juli 2024, 15:17 WIB

Advertisement

alt

6 Destinasi Wisata Alam yang Wajib Dikunjungi di Bogor

Wisata
| Minggu, 14 Juli 2024, 09:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement